| |

1st Winner Epic 2020

1 epic 2021

Enterprise resource Planning Competition atau biasa disebut dengan EPIC adalah kompetisi simulasi bisnis tingkat Nasional berbasis cloud untuk peserta didik SMA yang diselenggarakan oleh program studi Sistem Informasi Bisnis dari Universitas Ciputra. Lomba ini diadakan pada tanggal 14-15 November 2020. Di tahun 2020 kemarin lomba EPIC diikuti 51 tim yang masing-masing tim terdiri atas 3 orang. Kami dari tim “SUS” yang berasal dari SMA Kristen Petra 1 Surabaya, beranggotakan Catherine Lim/XIIA4, Steven Adrian/XIIA3 dan Vanessa Christie/XIIS2 berhasil meraih Juara I di lomba EPIC tahun 2020 ini.

Lomba ini menggunakan zoom dan web moonson untuk simulasi ERP (Enterprise Resource Planning). Kami diharuskan untuk dapat mengelola suatu perusahaan. Mulai dari menyewa toko, membeli barang, promosi dan masih banyak lagi. Untuk tahun ini modul yang dibuka ada 7 (Finance, Retail, HR, Forecast, Marketing, Warehouse dan Service).

Sebelum hari perlombaan dimulai, ada simulasi percobaan terlebih dahulu agar para peserta dapat menggunakan monsoon dengan baik untuk menyusun strategi. Saat hari perlombaan, ada 2 babak yang nantinya nilai akan diakumulasi dari kedua babak tersebut agar dapat masuk ke babak final. Di babak pertama disediakan 5 server dan setiap server ada 10 tim. Pembagian server ini diacak secara random oleh panitia dan kurang beruntungnya kelompok kami berada di server dengan 3 lawan yang sulit dan selalu menempati posisi ke 4 di kedua babak. Setelah nilai diakumulasi diambil 6 tim yang dapat mengamankan posisinya untuk masuk babak final dan diambil 4 tim dari pemenang rally game. Saat diumumkan tim yang lolos ke babak final dari ke 5 server tersebut, dan benar saja 3 tim yang lolos berasal dari server kami. Hal ini mengharuskan tim kami untuk bertanding di rally game melawan 44 tim lainnya untuk masuk ke babak final.

Agar lolos ke babak final, tiap tim berlomba untuk mendapatkan poin tertinggi. Poin didapatkan dari menang rally game, investasi poin dan mengisi teka-teki silang. Walaupun peluang lolos ke babak final kecil, kami tetap tidak putus asa dan terus berjuang. Berkat dan kemurahan Tuhan, tim kami dapat lolos ke babak final. Di babak final ini dibagi menjadi 2 server dan kami berhadapan kembali dengan 2 tim dari server kami yang sebelumnya. Disini kami segera menyusun strategi kembali, tetap berpikir positif dan semangat pantang menyerah, meskipun lawan-lawan yang kami hadapi berat. Setelah nilai diakumulasi dari 2 server, kami kaget karena tim kami menduduki peringkat pertama dan berhasil mendapatkan Juara I di perlombaan EPIC tahun 2020 kemarin. Sedangkan juara lainnya berasal dari SMAK Penabur kota Tangerang dan SMAS Dharma Loka Pekan baru. Juara I hadiah yang kami peroleh : Piala, Piagam Penghargaan, Apple Golden Ticket dan Uang Tunai. Semua ini hanya karena kasih kemurahan Tuhan sehingga kami memperoleh hasil terbaik dalam lomba ini. Amin.

Oleh : Catherine Lim/XIIA4

boost the values reap the success