| |

Romantisasi Mental Disorder? You Choose!

Lomba Increasse

Kami tim ETC dari SMA Kristen Petra 1 (Gracelyn Elizabeth XIA1/11 dan Laureen Nadia Hendrawan XIA1/19) mengikuti lomba INCREASE 2.0 (Innovation and Creation of Psychopreneur in Society) dalam bidang poster secara virtual yang diadakan oleh Universitas Ciputra Fakultas Psikologi pada 14 November 2020. Dimana kita didorong untuk mengeluarkan ide dan kreativitas kita mengenai mental health awareness terutama di kalangan remaja. Awalnya, tujuan kami mengikuti lomba ini adalah kami ingin mengikuti kegiatan yang fresh dan seru terutama dalam keadaan pandemi. Selain itu, passion kami dalam mendesain dan menggambar, mendorong kami untuk mengikuti lomba ini juga.

Untuk lomba poster kali ini, kami diminta menganalisa bagaimana romantisasi mental disorder di kalangan remaja telah menjadi sebuah tren. Salah satu penyebab terjadinya romantisasi adalah lewat salah penafsiran dari lagu-lagu tertentu. Di lomba ini, kami diberi pilihan beberapa lagu untuk dijadikan bahan analisa untuk poster kami. Kami memilih lagu 1-800-273-8255 karya Logic, yang merupakan salah satu lagu terkenal yang mengangkat tema kesehatan mental.

Babak pertama, kami membuat poster dengan penjelasan mengenai beberapa bagian dari lagu tersebut yang dapat menimbulkan salah interpretasi terkait kesehatan mental, dan juga beberapa tips serta landasan teori psikologi yang mendukung penjelasan kami. Poster kami berjudul “You Choose”, dimana kami mengambil gambaran seseorang yang sedang mendengarkan lagu tersebut, kemudian diperhadapkan pada 2 pilihan, yaitu pendengar dapat mengambil hal positif atau negatif.

Tidak mudah bagi kami untuk menyusun dan memuat materi serta memvisualisasikan semuanya dalam 1 lembar A3, namun berkat bimbingan guru BK kami Bapak Akwila Saputro Pamungkas, M.Psi dalam penjabaran teori kesehatan mental, dan juga berkat penyertaan Tuhan, kami mampu menyelesaikan poster tersebut tepat waktu.

Setelah penantian 3 hari, kami mendapatkan informasi bahwa kami masuk dalam babak final 6 besar, dimana kami akan mempresentasikan poster kami dalam waktu 6 hari. Hari presentasi pun tiba, kami melakukan presentasi lewat zoom di hadapan juri-juri. Syukurlah, sekalipun terjadi kendala koneksi di tengah-tengah presentasi, kami dapat menyelesaikan presentasi dan menjawab pertanyaan juri dengan baik. Dan akhirnya pun, tanpa disangka kami meraih Juara III. Akhir kata, kami bersyukur dapat memenangkan lomba walaupun secara online. Kami pun yakin setiap dari kita memiliki kesempatan yang sama untuk menggunakan potensi kita untuk hal positif.

 

Penulis :

Gracelyn Elizabeth XIA1

boost the values reap the success