| |

Berprestasi Meraih Grand Champion Dalam International Applied Science Olympiad 2020

Lomba IASOHalo, perkenalkan nama saya Mark Alexander Ierwanto (X MIPA 1/25) SMA Kristen Petra 1. Saya sangat menyukai Sains, karena itu ketika orang tua menawarkan untuk ikutan lomba Sains ini, saya langsung tertarik untuk ikut. Persiapan saya yang pertama adalah mempelajari contoh soal lomba ini seperti apa terlebih dahulu, baik materi yang diujikan dan teknis pelaksanaan lomba tersebut.

Ketika saya mempelajari contoh soal lomba ini di official website IASO (International Applied Science Olympiad) yang dilaksanakan pada 14 November 2020, saya semakin tertarik. Sebab ternyata IASO sangat berbeda dengan lomba sains lain yang selama ini pernah saya ikuti. IASO penuh dengan tantangan bagi peserta untuk lebih memahami konsep sains yang disajikan dalam praktik di dunia nyata dan diaplikasikan dalam situasi yang berbeda-beda. Disinilah saya benar-benar tertantang, sebab saya merasa memiliki kesempatan untuk bersaing dalam suatu lomba yang baru.

Untuk persiapan kompetisi ini, saya mempersiapakan diri dengan mempelajari buku buku sains kakak saya yang berkurikulum internasional, yang lebih menekankan pada pengertian konsep sains dan praktikum aplikatif bukan sekadar hitungan saja. Ternyata persiapan ini sangat berguna sekali saat lomba, soal-soalnya banyak yang membutuhkan pengertian dan konsep-konsep baik itu soal Fisika, Biologi, Kimia maupun Ilmu Pengetahuan Alam yang lainnya. Sebagian besar soal adalah Fisika, walaupun angka hitungannya tidak terlalu susah namun banyak sekali jebakan-jebakan di soal IASO ini yang menuntut kita untuk memahami konsep sekaligus aplikasi ilmu sains di dunia nyata. Jadi walaupun kita boleh menggunakan kalkulator scientific, namun tidak banyak membantu kalau tidak benar-benar paham mengenai apa yang diuraikan dalam soal.

Saya sangat senang karena dalam olimpiade ini saya memperoleh pengalaman yang sangat berharga, yaitu kemampuan menyelesaikan permasalahan dalam berbagai situasi dunia nyata menggunakan ilmu sains terapan. Saya ditantang untuk dapat mengembangkan alas an-alasan scientific, dan juga ditantang untuk memiliki kemampuan problem solving serta critical thinking yang jelas dibutuhkan sebagai life skills masa depan saya.

Puji Tuhan dalam International Applied Science Olympiad 2020 ini, saya berhasil menjadi Grand Champion (terbaik dari seluruh Champion/Juara Utama pada semua kategori) dan saya senang karena mendapatkan piala yang sangat bagus. Saya bahagia bisa membawa nama baik sekolah SMA Kristen Petra 1 dan membuat bangga orang tua saya. Semua ini berkat dan anugerah Tuhan semata yang telah begitu baik dalam hidup saya.

 

Penulis :

Mark Alexander Ierwanto (X MIPA 1/25)

boost the values reap the success