| |

Battle Matematika? Siapa Takut!!

MBCGS 2020

Puji Tuhan atas segala berkat dan penyertaan-Nya kepada kami (Alexander Weynard - XII IPA 2, Andreas Reynard - XI IPA 1, dan Angelus Kennard - X IPA 6), dalam mengikuti lomba MBCGS (Mathematics Battle Challenge and Goes to School) yang diadakan oleh Himatika Fakultas MIPA  Universitas Padjadjaran. Walaupun dalam masa pandemi Covid-19 ini, banyak para siswa tetap bersemangat mengikuti berbagai macam lomba yang diselenggarakan secara online. Segi positifnya adalah  biaya yang harus dikeluarkan panitia lomba maupun biaya yang kita keluarkan akan menjadi lebih hemat. Apalagi jika tempat lombanya jauh dari tempat tinggal kita. Maka dari itu kami memberanikan diri mengikuti lomba MBCGS ini.

Lomba ini dilakukan secara tim. Satu tim terdiri dari 3 orang.  Babak penyisihan diadakan pada tanggal 12 September 2020. Pada babak penyisihan tersebut, tim kami berhasil meraih score tertinggi sekaligus menjadi tim terbaik wilayah Jawa Timur. Kami sangat senang dan semakin bersemangat melanjutkan babak selanjutnya.

Babak semifinal dan final diadakan pada tanggal 26 September 2020. Babak semifinal terdiri dari 2 rangkaian perlombaan yaitu Mathsolve dan Locked room yang diikuti oleh 20 tim. Menunggu hasil pengumuman semifinal kami bertiga merasa sedikit khawatir dikarenakan kita tidak mengetahui bagaimana keadaan lawan. Puji Tuhan nama tim kami disebut sebagai salah satu finalis.

Tibalah di babak final terdiri dari 3 rangkaian perlombaan yaitu Presentasi, Relay, dan Invest. Nilai terakhir adalah gabungan dari ke-3 rangkaian tersebut.  Saat Presentasi kami mendapat nomor  undian pertama. Meski agak gugup, namun kami percaya diri karena sudah mempersiapkannya cukup baik. Karena penilaiannya mencakup benar atau tidaknya jawaban dan cara kita mempresentasikan jawaban, maka kami membagi tugas saat presentasi tersebut apa saja yang masing-masing harus lakukan.  Kemudian final dilanjutkan dengan lomba Relay. Kami mengalami kesulitan disini, namun kami berusaha sebaik mungkin. Dan terakhir saat lomba Invest, kami diharuskan menginvestasikan modal yang kami punyai sebelum menjawab pertanyaan. Lomba ini cukup seru, karena kami hanya bisa menerka-nerka berapa persen kemungkinan kami bisa menjawab soal-soal tersebut.  Sekali lagi kami sangat bersyukur kepada Tuhan atas penyertaan-Nya, sehingga pada babak ini tim kami unggul dari lainnya.

Babak final berakhir hingga sore hari  dan malamnya dilakukan acara penutupan serta pengumuman pemenang.  Puji Tuhan tim kami akhirnya berhasil meraih Juara I lomba MBCGS 2020 ini. Syukur kami panjatkan kepada Tuhan, semua ini  berkat anugerahNya.

 

 

Oleh :

Alexander Weynard - XII IPA 2

boost the values reap the success