| |

Dentine 2020

Juara 2 Dentine tingkat Nasional Unair 25 Januari 2020 Steven W Andreas Reinard Aditya Dvid W

Tahun ini, Universitas Airlangga Fakultas Kedokteran Gigi kembali mengadakan Dentine 2020. DENTINE (Dentistry Intellectual Challenge) merupakan ajang kompetisi pelajar SMA dan sederajat yang menggabungkan intelektualitas dan kreativitas.  Materi yang dilombakan meliputi  bidang matematika, fisika, kimia, biologi dan ilmu kedokteran gigi dasar. Tim SMA Kristen Petra 1 berahasil meraih juara 2 dalamm kompetisi ini atas nama, Aditya David Wirawan dengan anggota Steven William dan Andreas Reynard Samsico.

DENTINE 2020 diikuti lebih dari 2000 peserta dari seluruh Indonesia. Pada tanggal 19 Januari 2020, penyisihan DENTINE dilaksanakan untuk memilih 60 tim yang akan lanjut ke babak semifinal. Tim yang mengikuti penyisihan diberikan soal dengan bidang matematika, fisika, biologi, dan kimia dengna jumlah masing-masing 15 butir, serta 10 butir soal ilmu kedokteran gigi dasar. Total soal adalah 70 butir soal pilihan ganda, dengan durasi pengerjaan 70 menit. Hari itu juga diumumkan lima tim terbaik rayon Surabaya dan puji Tuhan tim Petra 1 berhasil meraih juara 1. Lomba DENTINE ini cukup unik karena juara rayon tiap daerah diberi penghargaan berupa piala, di mana pada lomba lain jarang ditemui hal seperti ini.

Juara 2 Dentine Unair

Sabtu tanggal 25 Januari 2020, bertepatan dengan hari Imlek, kami melanjutkan lomba. semifinal diawali dengan babak multiple choice (pengerjaan 30 soal pilihan ganda yang teridiri atas kelima bidang yang dilombakan selama 60 menit), dilanjut dengan babak move and think (pengerjaan 30 soal uraian dengan cepat dan tepat dengan durasi soal tiga menit. Panitia menyapkan  60 meja yang teridiri dari paket 30 soal yang sama, di mana tiap kelompok akan bergeser untuk mengerjakan soal berikutnya. Babak semifinal selesai setelah tiap tim telah mengunjungi tiap jenis pos). Pada babak ini diambil 10 tim berdasarkan nilai tertinggi. Dari hasil babak ini, tim Petra 1 masih menduduki peringkat 1.

Pada babak final dilaksanakan  fun rally, di mana tiap tip tim diharapkan untuk mengerjakan soal pada lima pos wajib yang terletak menyebar di area kampus fakultas kedokteran gigi Universitas Airlangga. Selain itu, terdapat satu pos bonus yang bertanya tentang karies gigi. Untuk bisa mendapat nilai dari pos bonus, tiap-tiap tim harus  menyelesaikan semua  pos wajib.. Di babak ini diambil lima tim terbaik. Tim kami berada di peringkat 2. Pada  babak grand final ada tiga sesi kegiatan. Praktikum Kedokteran Gigi, Cepat Tepat, dan Analisa. Babak praktikum mengambil tema Penentuan Kelainan Vaskuler melalui tes resistensi kapiler. Tes ini merupakan salah satu cara untuk mendeteksi kemampuan pembekuan darah seseorang, dengan cara menekan lengan bagian atas menggunakan manset tensimeter pada tekanan 100mmHg selama lima menit, lalu melepas manset dan menunggu serta mengamati beberapa saat hingga tau muncul tidaknya petechiae atau bintik merah pada daerah lengan yang ditekan. Bila jumlah bintik merah melebihi angka terntentu, dapat disimpulkan subjek tes memiliki kelainan. Untungnya, subjek tes Steven William memberi hasil bahwa dia sehat. Di babak Cepat tiap-tiap tim berpacu untuk mengumpulkan nilai sebanyak-banyaknya. Yang terakhir, pada babak analisa, tiap kelompok diberikan soal uraian dengan durasi sekitar tiga menit, lalu khusus untuk materi kedokteran gigi, tiap tim harus mempresentasikan jawaban mereka di depan juri.

Setelah semua babak berakhir, akhirnya tiba saatnya pengumuman juara Dentine 2020: SMA Kristen petra 1 dinyatkn sebagi juara 2. Kami mendapat piala , sertifikat, medali , serta uang pembinaan.

Kami bersyukur atas pencapaian ini. Terima kasih kami ucapkan pada para guru dan terutama pada drg Hendra yang telah banyak membantu kami dalam mempersiapkan materi kedokteran gigi dasar.

boost the values reap the success