Juara 1 “Economic Games” Tingkat Nasional

Juara 1 Economic Games Tingkat Nasional Ubaya 12 14 Maret Chelsy VK X IPS 1 Shendy GA XI MIPA 1 Bright C X MIPA 1

Tim SMA Kriten Petra 1 berhasil meraih prestasi sebagai Juara I dalam Economic Games yang diselenggarakan oleh Universitas Surabaya pada tanggal 12‒14 Maret 2019. Tim tersebut atas nama Bright Christian K. (X MIPA-1), Chelsy Velinda (X IPS-4), dan Shendy Gavriel (XI MIPA-7). Economic Games merupakan lomba tahunan yang diikuti oleh para siswa SMA dari berbagai daerah di Indonesia.

Pelaksanaan lomba ini dibagi dalam tiga babak, yaitu penyisihan, semifinal, dan final. Babak penyisihan dimulai dari seleksi online, cerdas cermat, debat,  dan rally games. Babak seleksi online dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2019. Tim kami berhasil lolos masuk babak penyisihan berikutnya, yaitu cerdas cermat. Cerdas cermat menggunakan bel. Setiap kelompok diberikan satu meja dengan bel. Kelompok mana yang menekan bel terlebih dahulu, akan diberikan kesempatan menjawab. Peserta akan diberikan pertanyaan berupa soal-soal seputar ilmu ekonomi. Kami rasa, soal-soal yang ada cukup menantang, meskipun tidak sesulit yang kami bayangkan.

Pada sesi debat, tema diacak dengan menggunakan undian. Kami sudah berusaha untuk melakukan yang terbaik, namun kami kurang beruntung. Kami kalah pada tahap debat. Tetapi karena pada sesi cerdas cermat nilai kami tinggi, kami berhak masuk ke sesi rally games. Sesi rally games cukup seru karena terdapat pos-pos dengan permainan yang menguji kekompakan, kecepatan, pengetahuan tentang ilmu ekonomi, dan akuntansi, dari kelompok-kelompok peserta. Kami puas dengan hasil kami selama dua hari tersebut meskipun belum optimal karena belum masuk peringkat tiga besar. Babak penyisihan terakhir diisi dengan menjawab soal-soal tentang ilmu ekonomi dan akuntansi dalam bentuk teka-teki silang. Setelah tahap terakhir dalam babak penyisihan selesai, poin diakumulasi oleh panitia, dan dibacakan enam besar yang masuk ke babak semifinal. Syukurlah, tim kami lolos ke babak semifinal!

Babak semifinal menggunakan permainan ular tangga. Pion dapat bergerak sesuai dengan jumlah mata dadu jika jawaban atas soal yang diberikan benar. Apabila kurang tepat, pion harus tetap diam di tempat. Penilaian yang ada tidak hanya dari kelompok mana yang selesai pertama, tetapi juga ditambahkan dengan poin hasil menjawab pertanyaan dengan benar. Alhasil, ketika permainan selesai, panitia membacakan hasil babak semifinal. Kelompok kami masuk empat besar, dan berhasil lolos ke babak final.

Babak final dilaksanakan dalam bentuk cerdas cermat. Empat kelompok dibagi dua untuk saling berhadapan. Kelompok yang memenangkan cerdas cermat pertama akan melawan kelompok yang memenangkan cerdas cermat kedua, untuk memperebutkan gelar Juara I dan II. Sedangkan kelompok yang kalah di cerdas cermat pertama dan kedua, memperebutkan gelar Juara III dan Juara Harapan. Kelompok kami menang dalam cerdas cermat pertama. Lawan kami dalam perebutan Juara I merupakan tim yang tangguh karena mereka adalah juara bertahan. Puji Tuhan... keunggulan satu poin dalam cerdas cermat, mengantar kami untuk menjadi peraih Juara I Economics Games 2019 dan membanggakan nama SMA Kristen Petra 1.

oleh: Bright, Chelsy, Shendy

 

boost the values reap the success