| |

Mechantronic Games and Contest

juara 1 01

Siswa SMA Kriten Petra 1 berhasil meraih prestasi sebagai Juara I Mechantronic Games and Contest (Megacon) yang diselenggarakan oleh Universitas Surabaya pada tanggal 23-24 Februari 2019, atas nama Chaterine Gracia H. (XI MIPA-4), Christian Emmanuel (XI MIPA-4), dan Robert Vincent (XI MIPA-4). Megacon yang diikuti oleh 56 tim dari berbagai daerah di Indonesia merupakan lomba yang diadakan oleh Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Surabaya. Materi lomba ini mencakup elektronika dasar, matematika dasar, fisika dasar, dan pengetahuan umum.

 Juara-1-Megacon-tingkat-Nasional-Ubaya-23-24-Februri-2019-Chaterine-Gracia-XI-MIPA-4-Christian-Emmanuel-XI-MIPA--4-Robert-Vincent-XI-MIPA-7

Pada hari pertama, kami mengikuti rally yang bertempat di kampus Tenggilis. Pos rally dibagi menjadi tiga, yaitu pos single, double, dan triple. Selain rally, kami juga diberi misi “Big Project”, yaitu menyelesaikan rangkaian elektronik guna mendapatkan poin tambahan, dan banyak poin sesuai dengan tingkat kesulitan rangkaian. Tujuan dari rally hari pertama ini adalah mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya agar dapat melanjutkan ke babak semifinal, karena hanya diambil dua puluh besar tim dengan peringkat poin tertinggi.

 

Lomba hari kedua diadakan di Ubaya Training Center (UTC), Trawas, kampus ketiga Universitas Surabaya. Pada babak semifinal, kami ditugaskan untuk membuat tiga buah rangkaian elektronik dalam waktu dua jam. Kami mendapatkan komponen untuk membuat rangkaian tersebut dengan mengerjakan soal berupa teka-teki silang dan uraian. Setiap jawaban benar akan mendapat poin untuk ditukarkan menjadi komponen. Tim kami hanya berhasil menyelesaikan dua rangkaian.

 

Pada babak final, diambil sepuluh tim terbaik. Babak final ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu pembuatan program winproladder dan powerpoint untuk presentasi. Pada sesi pertama, kami ditugaskan untuk membuat program yang mampu mengendalikan mesin industri tutup botol yang telah dirakit oleh Teknik Elektro dengan menggunakan program winproladder. Pada sesi ini, kami hanya diberi waktu 90 menit untuk menyelesaikannya. Bobot materi pada babak final ini sangat berat, sehingga tidak ada tim yang berhasil sempurna. Dalam jangka waktu yang sangat terbatas, kami berhasil menyelesaikan program. Lomba kemudian berlanjut ke sesi presentasi dengan pembagian waktu: 4 menit penyajian dan 4 menit tanya jawab. Tim kami dapat menyajikan materi presentasi dengan baik. Pertanyaan-pertanyaan dari dewan juri pun dapat kami jawab dengan baik dan lancar.

 

Pada saat pengumuman, puji syukur kepada Tuhan... tim SMA Kristen Petra 1 berhasil meraih Juara I pada ajang Megacon ini. Kami sangat bersyukur atas penyertaan Tuhan sepanjang lomba ini berlangsung. Thanks, God...!

 

oleh: Chaterine, Christian, & Robert

 

 

boost the values reap the success