Nopec 2019

Juara-2-Olimpiade-Kimia--tingkat-Nasional-ITS-7-10-Februari-2019-Steven-William-X-MIPA-1-Timothy-X-MIPA-1-2Tim kami atas nama Steven William (X MIPA-1) dan Timothy (X MIPA-1) yang mewakili SMA Kristen Petra 1, berhasil meraih prestasi sebagai juara kedua dalam National Olympiad of Chemical Engineering (NOPEC). Ajang lomba ini diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, pada tanggal 7─10 Februari 2019 lalu. Lomba ini diikuti oleh sekitar dua ribu tim dari berbagai daerah di Indonesia, dengan materi yang dilombakan meliputi bidang kimia, fisika, biologi, dan matematika.

Pada babak penyisihan, soal untuk peserta berupa enam puluh pilihan ganda yang dikerjakan secara online. Dari sini, ada 150 tim terbaik yang lolos ke babak quarterfinal NOPEC 2019. Selanjutnya, tim peserta kembali mengerjakan lima puluh soal dengan format pilihan ganda. Setiap tim juga diminta untuk memberi nama tim masing-masing. Nama tim kami adalah Felis Aries. Felis untuk kucing, dan Aries untuk kambing. Usai penilaian, ada 25 tim teratas yang berhak untuk maju ke babak semifinal.

Pada tanggal 8 Februari 2019, semua tim semifinalis berangkat ke Pasuruan untuk mengunjungi pabrik Soyjoy dan Pocari. Kami mengamati proses pembuatan produk, mulai dari pembentukan adonan, pengecekkan kualitas, hingga pembungkusan Soyjoy. Selain itu, kami mengikuti seminar/talk show mengenai sejarah Otsuka Global Company beserta pengolahan botol Pocari Sweat dari perwakilan Pocari Sweat.

Babak semifinal terdiri atas dua sesi. Sesi pertama adalah praktikum kimia analisis dengan persentase 25% dari nilai total. Praktikum itu mengenai perhitungan banyak HCl yang dibutuhkan untuk melakukan dua reaksi dengan teknik titrasi selama tiga jam. Sebelum memasuki laboratorium, kami diharuskan untuk menggunakan jas laboratorium, masker, dan sarung tangan karet, sebagai salah satu bentuk prosedur keamanan. Sesi kedua berupa rally games dengan persentase 75% dari nilai total. Terdapat empat ronde dan lima pos, yaitu: pos matematika teknik kimia dan asas teknik kimia, pos kimia organik dan kimia fisika, pos termodinamika, pos transfer massa, dan pos mystery class. Dalam tiap ronde, setiap kelompok mengunjungi satu pos yang masih belum terisi tiga tim lain atau belum dikunjungi. Jika tidak ada pos yang dapat dikunjungi, tim itu diperkenankan memasuki mystery class. Kelompok kami pun akhirnya mengunjungi tiap pos kecuali pos transfer massa, karena kami merasa kurang memahami materi tersebut. Babak semifinal kami lewati dengan baik.

Pada babak final, diambil lima tim terbaik. Babak ini terdiri atas sesi praktikum dan presentasi. Pada sesi praktikum, setiap tim diminta menghitung kadar minyak pada kacang tanah dengan cara mengekstraksinya dengan n-hexane. Selain itu, kami juga me-recover sebanyak mungkin n-hexane yang telah dipakai. Praktikum ini sangat seru dan menyenangkan, mengingat berbagai alat yang digunakan saat itu belum pernah kami gunakan sebelumnya. Tema presentasi yang kami usung adalah “Pengolahan Limbah Pabrik Menjadi Biogas dan Gas Metana yang Dapat Digunakan Kembali sebagai Bahan Bakar Alternatif”. Bahan analisis berupa proses pengolahan, hasil, reaksi kimia, serta nilai ekonomis. Sesi presentasi dibagi dalam 10 menit presentasi dan 10 menit tanya jawab, disaksikan oleh tiga juri yang memiliki spesialisasi masing-masing. Babak terakhir berupa finding word game. Permainan dilakukan dengan memilih huruf dan mengerjakan soal yang tertera di kode soal huruf itu. Huruf akan didapat apabila jawaban benar, dan huruf-huruf tersebut bisa dibuat menjadi suatu kata untuk memperoleh tambahan nilai. Felis Aries berhasil membuat dua kata, yaitu bola dan mati.

Pengumuman final dilakukan saat gala dinner yang diadakan di dekat balai kota pada malam harinya. Selesai makan malam, panitia pun mengumumkan para pemenang lomba. Betapa bahagianya kami ketika Felis Aries dibacakan sebagai peraih Juara II dalam NOPEC 2019. Kami bersyukur kepada Tuhan. Semua hal yang terjadi itu merupakan mukjizat dan kehendak Tuhan kepada mereka yang percaya kepada-Nya. 1 Timothy 6:16: “Who alone is immortal and who lives in unapproachable light, whom no one has seen or can see. To him be honor and might forever. Amen.”

 

oleh: Timothy & Steven

 

 

boost the values reap the success