| |

SMA Kristen Petra 1 Juara 1 Kompetisi Ekonomi Nasional

Juara 1 Kompetisi Nasional UGM

Siswa SMA Kriten Petra 1 berhasil meraih prestasi sebagai juara 1 Kompetis Ekonmi Nasional (KEN) yang diselenggarakan Universitas Gajah Mada Yogyakarta. Siswa tersebut adalah Shendy Gavriel XI MIPA-7, Lawrence ChristensenXII MIPA-4, Matthew Farant Matthew Farant XII IPS-4.

Kompetisi Ekonomi Nasional merupakan ajang tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Sasaran kompetisi ini adalah siswa SMA sederajat seluruh Indonesia untuk berlomba dalam bidang ilmu ekonomi. Pada tahun ini, kami bertiga berkesempatan mewakili SMA Kristen Petra 1 dalam mengikuti KEN. Namun sebelumnya kami dan peserta lainnya diminta untuk mengikuti seleksi regional daring yang diadakan oleh panitia KEN dalam rangka menentukan 30 besar tim dari seluruh Indonesia yang akan berangkat menuju FEB UGM. Seleksi regional yang diberikan berupa tiga soal uraian bertemakan matematika ekonomi dan studi kasus makroekonomi. Puji Tuhan, kami berhasil melewati babak seleksi regional dengan baik dan lolos menuju 30 besar tim yang berangkat ke Yogyakarta.

Pada tanggal 8 November 2018, kami bersama guru pendamping berangkat ke Yogyakarta dengan berbekal doa, pengharapan dan segala persiapan yang ada sejak beberapa minggu sebelum lomba. Pada hari diadakannya Technical Meeting KEN, kami bertemu dengan 29 tim lain dari berbagai daerah, dan tidak sedikit dari mereka merupakan “anak OSN”, sebutan bagi mereka yang pernah mengikuti dan menjadi peraih medali OSN. Tentunya melihat tim lawan yang seperti ini membuat kami semakin berusaha untuk melakukan yang terbaik pada saat lomba yang berlangsung keesokan harinya serta menyerahkan semuanya kepada Tuhan.

Pada tanggal 9 November 2018, kami beserta tim lainnya mengikuti babak outbound di kompleks pangkalan udara Adi Sutjipto, tepatnya di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala. Pada babak outbound ini, seluruh peserta diminta untuk mengikuti berbagai permainan yang sudah disediakan oleh panitia pada 45 pos yang tersebar di daerah sekitar museum. Diantara 45 pos ini, dua merupakan pos pengerjaan soal Teka Teki Silang serta puzzle estafet, dan sisanya merupakan pos soal. Setelah menyelesaikan babak ini, kami menunggu sampai hari berikutnya karena skor dari babak outbound ini akan digabung dengan skor babak individu pada keesokan harinya.

Pada tanggal 10 November 2018, kami beserta tim lainnya mengikuti babak individu di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Seperti nama babaknya, kami bertiga diminta untuk berpisah dan masing-masing mengerjakan tiga paket soal yaitu soal pilihan ganda, isian singkat, dan benar-salah selama 60 menit. Singkat cerita, semua berjalan dengan baik dan Puji Tuhan, pada babak hari ini dan kemarin, kami menempati peringkat 1 dan lolos ke babak 12 besar yaitu babak cepat tepat. Dua belas tim yang lolos akan dibagi pada tiga ruangan kloter, sehingga satu ruangan terdapat empat tim) untuk mengikuti cerdas cermat, dan dalam tiap ruangan akan dipilih satu pemenang saja (sehingga nantinya akan ada tiga pemenang). Cerdas cermat merupakan babak yang paling intens bagi kelompok kami. Pada awal permainan, kelompok kami sempat unggul, namun poin tim kami dengan tim lawan sangat tipis. Pada bagian terakhir dari babak ini, tiap tim diminta untuk mempertaruhkan poin yang dimilikinya untuk menjawab tiga soal yang diberikan oleh panitia. Soal pertama, tim kami bermain aman sehingga kami tertinggal cukup jauh dari tim lawan. Soal terakhir, kami tidak bisa berbuat apa-apa untuk menang selain dengan mempertaruhkan semua poin yang kita punya dan tentunya berdoa untuk yang terbaik kepada Tuhan. High Risk, High Return, itulah prinsip yang kita pegang. Pada soal yang terakhir ini, kami berhasil mengangkat poin yang kami miliki dan mengungguli tim lawan. Sungguh sebuah mujizat yang tak terduga tim kami berhasil lolos ke babak tiga besar.

Pada babak terakhir, yaitu penentuan juara 1, 2, dan 3, tiap tim diminta untuk mempresentasikan materi yang sudah dibuat sebelumnya. Pada saat itu, tim kami mempresentasikan mengenai “Pemantapan Stabilitas Moneter serta Stabilitas Keuangan dalam Meningkatkan Resiliensi Ekonomi Indonesia”. Tema yang sangat berat untuk kami Namun kami tetap berusaha untuk membawakan dengan baik. Setelah menjelaskan, selanjutnya selama 20 menit diisi dengan sesi pertanyaan. Sepuluh menit merupakan sesi tanya jawab dengan juri dan 10 menit lagi tanya jawab dengan audiens. Pertanyaan yang dilontarkan sangatlah kritis dan kreatif. Namun Puji Tuhan tim kami berhasil menjawab setiap pertanyaan dengan baik.

Kompetisi telah berakhir. Akhirnya kami tiba di penghujung acara yaitu gala dinner dan pengumuman pemenang. Puji Tuhan! Tim kami berhasil mendapatkan juara pertama dan penghargaan best speaker kepada Matthew Farant. Kami sangat bersyukur, tidak hanya karena memenangkan lomba ini, namun berhasil membawa piala bergilir Boediono untuk pertama kalinya ke SMA Kristen Petra 1. Kami harap kami agar kami terus berprestasi di lomba-lomba berikutnya dan dapat menjadi inspirasi bagi teman-teman kami. To God be the glory!

boost the values reap the success