| |

SMA Kristen Petra 1 Menjuarai Student Stock Exchange Games (SSEG)

Juara 1 Student Stock Exchange Games tingkat Jatim UK Petra 16 17 Agustus 2019 Devin D Reynald H Alexander C

Siswa SMA Kriten Petra 1 berhasil meraih prestasi sebagai juara 1 Student Stock Exchange Games (SSEG) yang diselenggarakan Universitas Kristen Petra pada tanggal 16-17 Agustus 2019,. Peserta lomba tersebut adalah, Devin Dian XII IPA-2, Reynald Hartanto XII IPA-6 dan Alexander Cornelius G XII IPA-7. Lomba yang diikuti 60 tim  dari berbagai daerah di Jawa Timur ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu babak penyisihan dan final.

Pada babak penyisihan tiap tim seminar terlebih dahulu mengenai saham, pasar modal kemudian dilanjutkan dengan rally game. Rally game dibagi menjadi dua yaitu game besar dan game kecil, Game kecil terdiri dari beberapa pos yang semuanya berhubungan dengan permainan saham. Tiap tim diberi modal Rp10.000.000 dan harus mendapat keuntungan yang besar agar dapat masuk dalam final. Puji Tuhan dalam babak penyisihan melalui modal Rp10.000.000 tim kami mendapat keeuntungan terbesar.

International Mathematical Olympiad (IMO)

Aaron Alvarado KJ

Terpilih sebagai anggota tim nasional Indonesia yang akan mengikuti lomba International Mathematical Olympiad (IMO) sangat membanggakan. Setelah semua pelatihan selesai, akhirnya Tim IMO Indonesia yang berjumlah 6 siswa berangkat ke Bath, Inggris deangan rute penerbangannya mulai dari Jakarta,  Kuala Lumpur, Amsterdam, dan  Bristol, UK. Dari Bristol  ke Bath, UK menggunakan transportasi bis.

Kompetisi IMO yang diikuti 621 peserta dari 112 negara dilaksnakan di Univesitas Bath UK, hari pertama peserta mengerjakan masing-masing tiga soal uraian dengan durasi 4,5 jam Puji Tuhan saya bisa mengerjakan soal nomor satu dan du.  Pada hari kedua juga mengerjakan tiga soal uraian dengan durasi yang sama, saya bisa mengerjakan soal nomor empat dan lima.

Aaron Alvarado KJ Medali Perak IMO

Setelah semua tes selesai seluruh pesrta  IMO mengadakan  sightseeing UK. Saat sightseeing kami mengunjungit Stonehenge, Salisbury, Buckingham Palace, dan dan tempat lainnya. Perjalanan yang sangat menyenangkan setelh du hari melaksanakan kompetisi.

 Pada acara penutupan saat pengumuman, saya mendapatkan medali perak. Secara keseluruhan, Indonesia mendapatkan enam medali, satu emas, empat perak dan satu perunggu. Saya sunggung bersyukur kepada Tuhan karena telah dianugerahkan penghargaan tersebut.

IMG Medali Perak IMO 2019 Bath UK 14 21 Juli 2019 AAron Alvarado KJ XI IPA 1

Setelah seluruh rangkaian acara tersebut selesai, Kami kembali ke Indonesia melalui rute yang sama, Kompetisi yang menegangkan sekaligus menyenangkan Terima kasih buat doa dan dukungan dari Orang tua seluruh Guru dan Karyawan SMA Kristen Petra 1.

Aaron Alvarado KJ XI IPA 1

Aaron Alvarado KJ

Ending My 4 Years Olympic Journey – 30th International Biology Olympiad
Szeged – Hungaria, 14 - 21 July 2019

 
aditya-David-W.jpgMedali-Emas-IBO-Szeged-Hungary-14--21-Juli-2019-Aditya-Wirawan-XII-IPA-4.jpgAditya-David-Wirawan--edalibEmas-IBO.jpgAditya-Wirawan-XII-IPA-4.jpgaditya-DW.jpg

Keikut sertaan saya (Adtya David Wirawan) di 30th International Biology Olympiad (IBO) ini seperti  jilid ke 2 yang menyatu pada 29th IBO Iran 2018 dengan hasil medali perak. Jeda sangat singkat antara kepulangan tim Indonesia dari Iran bulan Juli 2018 dan  pemanggilan Pelatnas 1 pada September 2018 membuat saya berdebar khawatir. Pembina biologi tidak otomatis memanggil veteran medalis untuk bergabung di proses seleksi pelatnas. Keikut sertaan veteran medalis ditentukan oleh hasil evaluasi performa selama IBO berlangsung. Terima kasih pada para Pembina atas keputusan memanggil saya kembali dalam seleksi IBO Hungaria  disertai dengan serangkaian peraturan agar saya tidak lengah dan berpuas diri.

Saya menyambut keputusan tersebut dengan perasaan lega sekaligus panik. Materi praktikum IBO Hungaria sangat berbeda dengan IBO Iran. Saya sadar proses seleksi tidak akan berjalan mudah. Dalam waktu singkat saya berusaha belajar materi yang sangat asing. Pertama kali dalam sejarah penyelenggaraan IBO, Bio-Informatik dan Neurobiologi yang sarat konsep perhitungan matematika akan menjadi topik ujian. Walau menyandang status veteran medalis, saya merasa jauh tertinggal dari 30 peserta pelatnas lain yang telah mempelajari Bio-Informatik dan Neurobiologi pada OSN padang 2018.

 Juara 2 Bridge Competition Tingkat Nasional

bridge 01

SMA Kristen Petra 1 meraih juara 2 dan 3 Bridge Competition tingkat nasional di Universitas Kristen Petra atas nama, Billie Wijaya XI MIPA-2, Abraham Nicholas L XI MIPA. Lomba yang diikuti 100 tim dari berbagai  daerah di Indonesia ini  dibagi dalam tiga sesi. Sesi pertama, rally games , sesi kedua  eliminasi dan sesi ketiga adalah babak final.

Kompetisi ini dimulai pada tanggal 8 Maret 2019. Setiap tim mendapat briefing dari panitia, mengenai design jembatan, gaya yang bekerja pada  jembatan ketika dibebani, dan menghitung efisiensi dari jembatan dalam gram dibagi dengan berat yang mampu ditahan oleh jembatan dan  contoh pembebanan jembatan yang telah dibuat. Pada tanggal 9 Maret 2019 sesi rally games untuk mendapatkan poin. Jika tim mendapat 10 poin dapat digunakan untuk memilih tipe jembatan yaitu  tipe A atau B. Jembatan tipe A terdapat tiga  titik pembebanan dan tipe B terdapat dua  titik pembebanan.. Karena tim kami memperoleh 10 tim, kami dapat memilih tipe jembatan B.

Juara 1 “Economic Games” Tingkat Nasional

Juara 1 Economic Games Tingkat Nasional Ubaya 12 14 Maret Chelsy VK X IPS 1 Shendy GA XI MIPA 1 Bright C X MIPA 1

Tim SMA Kriten Petra 1 berhasil meraih prestasi sebagai Juara I dalam Economic Games yang diselenggarakan oleh Universitas Surabaya pada tanggal 12‒14 Maret 2019. Tim tersebut atas nama Bright Christian K. (X MIPA-1), Chelsy Velinda (X IPS-4), dan Shendy Gavriel (XI MIPA-7). Economic Games merupakan lomba tahunan yang diikuti oleh para siswa SMA dari berbagai daerah di Indonesia.

Pelaksanaan lomba ini dibagi dalam tiga babak, yaitu penyisihan, semifinal, dan final. Babak penyisihan dimulai dari seleksi online, cerdas cermat, debat,  dan rally games. Babak seleksi online dilaksanakan pada tanggal 15 Februari 2019. Tim kami berhasil lolos masuk babak penyisihan berikutnya, yaitu cerdas cermat. Cerdas cermat menggunakan bel. Setiap kelompok diberikan satu meja dengan bel. Kelompok mana yang menekan bel terlebih dahulu, akan diberikan kesempatan menjawab. Peserta akan diberikan pertanyaan berupa soal-soal seputar ilmu ekonomi. Kami rasa, soal-soal yang ada cukup menantang, meskipun tidak sesulit yang kami bayangkan.

Pada sesi debat, tema diacak dengan menggunakan undian. Kami sudah berusaha untuk melakukan yang terbaik, namun kami kurang beruntung. Kami kalah pada tahap debat. Tetapi karena pada sesi cerdas cermat nilai kami tinggi, kami berhak masuk ke sesi rally games. Sesi rally games cukup seru karena terdapat pos-pos dengan permainan yang menguji kekompakan, kecepatan, pengetahuan tentang ilmu ekonomi, dan akuntansi, dari kelompok-kelompok peserta. Kami puas dengan hasil kami selama dua hari tersebut meskipun belum optimal karena belum masuk peringkat tiga besar. Babak penyisihan terakhir diisi dengan menjawab soal-soal tentang ilmu ekonomi dan akuntansi dalam bentuk teka-teki silang. Setelah tahap terakhir dalam babak penyisihan selesai, poin diakumulasi oleh panitia, dan dibacakan enam besar yang masuk ke babak semifinal. Syukurlah, tim kami lolos ke babak semifinal!

Babak semifinal menggunakan permainan ular tangga. Pion dapat bergerak sesuai dengan jumlah mata dadu jika jawaban atas soal yang diberikan benar. Apabila kurang tepat, pion harus tetap diam di tempat. Penilaian yang ada tidak hanya dari kelompok mana yang selesai pertama, tetapi juga ditambahkan dengan poin hasil menjawab pertanyaan dengan benar. Alhasil, ketika permainan selesai, panitia membacakan hasil babak semifinal. Kelompok kami masuk empat besar, dan berhasil lolos ke babak final.

Babak final dilaksanakan dalam bentuk cerdas cermat. Empat kelompok dibagi dua untuk saling berhadapan. Kelompok yang memenangkan cerdas cermat pertama akan melawan kelompok yang memenangkan cerdas cermat kedua, untuk memperebutkan gelar Juara I dan II. Sedangkan kelompok yang kalah di cerdas cermat pertama dan kedua, memperebutkan gelar Juara III dan Juara Harapan. Kelompok kami menang dalam cerdas cermat pertama. Lawan kami dalam perebutan Juara I merupakan tim yang tangguh karena mereka adalah juara bertahan. Puji Tuhan... keunggulan satu poin dalam cerdas cermat, mengantar kami untuk menjadi peraih Juara I Economics Games 2019 dan membanggakan nama SMA Kristen Petra 1.

oleh: Bright, Chelsy, Shendy

 

boost the values reap the success