| |

Dentine 2020

Juara 2 Dentine tingkat Nasional Unair 25 Januari 2020 Steven W Andreas Reinard Aditya Dvid W

Tahun ini, Universitas Airlangga Fakultas Kedokteran Gigi kembali mengadakan Dentine 2020. DENTINE (Dentistry Intellectual Challenge) merupakan ajang kompetisi pelajar SMA dan sederajat yang menggabungkan intelektualitas dan kreativitas.  Materi yang dilombakan meliputi  bidang matematika, fisika, kimia, biologi dan ilmu kedokteran gigi dasar. Tim SMA Kristen Petra 1 berahasil meraih juara 2 dalamm kompetisi ini atas nama, Aditya David Wirawan dengan anggota Steven William dan Andreas Reynard Samsico.

DENTINE 2020 diikuti lebih dari 2000 peserta dari seluruh Indonesia. Pada tanggal 19 Januari 2020, penyisihan DENTINE dilaksanakan untuk memilih 60 tim yang akan lanjut ke babak semifinal. Tim yang mengikuti penyisihan diberikan soal dengan bidang matematika, fisika, biologi, dan kimia dengna jumlah masing-masing 15 butir, serta 10 butir soal ilmu kedokteran gigi dasar. Total soal adalah 70 butir soal pilihan ganda, dengan durasi pengerjaan 70 menit. Hari itu juga diumumkan lima tim terbaik rayon Surabaya dan puji Tuhan tim Petra 1 berhasil meraih juara 1. Lomba DENTINE ini cukup unik karena juara rayon tiap daerah diberi penghargaan berupa piala, di mana pada lomba lain jarang ditemui hal seperti ini.

Juara 2 Dentine Unair

Juara 1 Economic Competition Tingkat Jawa Timur

Siswa SMA Kriten Petra 1 berhasil meraih prestasi sebagai juara 1 Economic Competition tingkat Jawa Timur yang diadakan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Surabaya atas nama,  Chelsy Velinda (XI IPS 3) dan Joyce Anung (X IPA 4). Lomba yang dilaksanakan pada tanggal 25 Januari 2020 ini diikuti 50 tim dari berbgai daerah di Jawa Timur terdiri atas tiga babak.

Juara 1 Economic Compertition tingkat Jawa Timur Stiesia 25 Januari 2020 Joice Anung Chelsy Velinda

Pada babak pertama merupakan babak penyisihan, tiap-tiap  tim  mengerjakan soal-soal ekonomi, akuntansi, dan perpajakan. Puji Tuhan, pada babak ini kelompok kami berhasil menduduki peringkat  pertama, Babak kedua adalah sesi  cerdas cermat. Cerdas cermat terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, lima tim yang lolos ke babak ini berebut memencet bel dan menjawab pertanyaan yang dibacakan moderator. Tiga tim yang memiliki akumulasi poin tertinggi maju ke babak cerdas cermat sesi dua. Tim kami lolos ke sesi dua. Pada sesi kedua, setiap tim melelang poin yang telah didapat dari sesi sebelumnya. Bila menjawab dengan tepat,  poin akan ditambah sebesar poin yang dipertaruhkan dan sebaliknya. Kami mendapat sepuluh pertanyaan cepat tepat. Kami pun berhasil menduduki peringkat pertama di babak terakhir cerdas cermat ini.

Juara 2 Economic Competition Stiesia

Pada babak final, dua tim dengan perolehan poin tertinggi pada sesi dua cerdas cermat beradu debat. Moderator membacakan tema debat, lalu kami diberikan waktu lima menit untuk berdiskusi. Setelah itu kedua tim saling berdebat mengenai topik yang diberikan. Usai debat, kami berdua lega karena juri memberikan komentar yang positif pada performance kami di sesi debat.

Saat pengumuman juara dibacakan, puji Tuhan, kami keluar sebagai juara pertama! Kami langsung mengucap syukur pada Tuhan atas penyertaanNya. Tuhan sungguh baik.

Chelsy, Joice A

Belajar Menjadi Dokter Medical Science And Aplication Competition (Medspin)

Siswa SMA KrMedical Science And Aplication Competition (Medspin) merupakan lomba tahunan yang diadakan oleh fakultas kedokteran Universitas Airlangga. Lomba ini merupakan lomba terbesar ke-dua di Indonesia setelah Olimpiade Sains Nasional dengan jumlah perserta lebih dari 1500 kelompok, yang terdiri atas 3 orang tiap kelompoknya. Medspin 2019 diadakan pada tanggal 3 -17 November 2019, dengan jadwal penyisihan pada tanggal tiga November 2019, perempat final dengan semifinal pada tanggal 16 November 2019,  dan final dengan grand final pada tanggal 17.November 2019

Juara 2 Medspin Unair

Medspin 2019 yang bertemakan pedriatical and congenital diseases ini, kelompok Aditya David, Steven William dan Daniel Rahmatcipta berhasil meraih juara 2.. Lomba yang sangat bergengsi ini.diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan dari Bangkok Pada babak penyisihan tiap kelompok mengerjakan soal-soal dengan serentak baik secara online maupun offline di region masing-masing.  Di babak ini, peserta harus mengerjakan 30 soal kimia, 30 soal biologi, 30 soal fisika, dan 5 soal medis. Di region Surabaya, peserta disuguhi penampilan yang spektakuler dari mahasiswa FK Unair sebelum menghadapi 100 butir soal yang menantang.

Juara 2 Medspin tingkat Nasional Unair 17 November 2019 Aditia David W XII MIPA 4 Daniel R XII MIPA 1 Steven William XI MIPA 1

Setelah melalui perjuangan di babak penyisihan, perjuangan itu berlanjut pada babak perempat final, dimana mereka harus melakukan rally game. Pada babak rally game ini, tiap kelompok dapat mengunjungi puluhan pos yang tersedia dengan mengunjungi pos dengan batas minimal tertentu untuk dapat lolos ke babak selanjutnya, dan mengerjakan soal atau tantangan yang ada di pos tersebut. Jenis-jenis pos yang tersedia cukup banyak ragamnya. Yang pertama adalah pos sains, dimana masing-masing peserta di dalam kelompok mengerjakan soal fisika, biologi, atau kimia. Pos ini memiliki tiga jenis tingkat kesulitani: easy, medium, dan hard. Semakin sulit soal, maka semakin tinggi poin yang didapatkan bila berhasil mengerjakan soal.

Setelah babak rally game yang melelahkan, perlombaan dilanjutkan dengan babak semifinal yang menegangkan. Babak ini dibagi menjadi dua bagian. Pertama, ada babak histologi-anatomi. Di babak ini, tiap kelompok harus dapat mengidentifikasi 50 jenis spesimen yang disediakan dengan bantuan mikroskop, petunjuk soal, kadaver, atau awetan rangka manusia, dengan masing-masing spesimen hanya diberi waktu 1 menit. kedua, ada babak sains, dimana terdapat soal sains: 10 fisika, 10 kimia, 10 biologi. Karne satu kelompok terdiri atas tiga orang, tiap ronde pengerjaan fisika, kimia, dan biologi berlangsung secara bersamaan, dengan masing-masing ronde hanya berlangsung selama 5 menit. Babak menegangkan itu diakhiri dengan hasil yang menyenangkan kelompok kami lolos ke babak final.

Pada babak final, tiap kelompok harus mengerjakan lima soal uraian sains (lima dari tiap mapel fisika, kimia dan biologi) dan dua soal uraian medis. Setelah pengerjaan tes tulis, babak final dilanjutkan dengan tes praktikum fisika-kimia-biologi serta melakukan praktek mengukur tekanan darah dan praktek PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat). Setelah melalui tahapan yang cukup banyak pada babak final, kelompok Aditya dan kawan-kawan disebut lagi saat pengumuman peserta yang lolos ke babak grand final.

Pada babak grand final, kami harus berkompetisi dengan 4 kelompok lain dalam melakukan anamnesis serta diagnosis penyakit dari seorang pasien (tentunya pasien pura-pura), lalu mempresentasikan hasil diagnosis di depan tiga orang dokter sebagai juri presentasi, serta cerdas cermat dimana soal yang disuguhi merupakan soal fisika, kimia, biologi, dan medis.

IMG 20191117 WA0009

Setelah melalui semua perjuangan itu, saat pengumuman pemenang Medspin 2019, Puji Tuhan kelompok Aditya David, Daniel Rahmatcipta, dan Steven William berhak mendapatkan piala juara 2,  Thanks God.  

Steven, Aditya, Daniel R       

Juara 2 ITBMO

itbmo 01Institut Teknologi Bandung Matemathics Olympiad merupakan kompetisi matematika  nasional  yang dilakasanakan secara individu dan diikuti oleh siswa daeri bergai daerah di Indonesi. Babak penyisihan dilaksanakan secara online serempak di seluruh daerah di Indonesia pada tanggal 1 September 2019. Babak penyisihan terdiri dari 25 soal isian singkat. Ada beberapa soal yang cukup sulit  berhubungan dengan komputer. Puji Tuhan saya dapat mengatasinya dan lolos ke babak semifinal .

Babak semifinal  ini dilaksanakan pada tanggal 26 September 2019. Jumlah pesert sebanyak 20 peserta . Babak  pertama mengerjakan empat soal uraian dengan durasi tiga jam. Babak kedua mengerjakan soal benar-  salah beserta  pembuktiannya.  Syukur kepada Tuhan,  saya dapat mengerjakan soal-soal sesuai dengan durasi  yang telah ditentukan panitia. Saya meraih peringkat pertama dari lima peserta yang dinyatakan lolos ke babak final .

Babak final   dilaksanakan tanggal 27 September 2019 terdiri dari dua babak. Babak pertama mengerjakan empat soal uraian dengan waktu tiga jam. Babak kedua memilih satu  dari empat soal yng telah dikerjakan. Soal tersebut dipresentasikan untuk menguji  benar atau salah jawaban  tersebut. Tingkat kesulitn soal-soal pada babak final lebih tinggi namun dengan kepercayaan diri yng tinggi saya dapat mengerjakan soal-soal  dengan baik.

Pada  malam harinya diadakan  acara ‘ Gala Dinner” di Courtyard Marriot Bandung. Acara ini sekaligus penutupan kompetisi. Acara yang ditunggu-tunggu tiba, juri mengumumkan pemenang ITBMO. Berkat Kemurahan Tuhan, saya berhasil meraih juara 2.

Praise The Lord.

Andreas Reynard

Menjuarai Olimpiade Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret Surakarta

prestasi surakarta
Siswa SMA Kriten Petra 1 berhasil meraih prestasi sebagai juara 1 Olimpiade Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret Surakarta atas nama, Shendy Gavriel XII MIPA-2, Chelsy Velinda XI IPS-3, Bright Christian XI MIPA-7. Olimpiade Pendidikan Akuntansi merupakan lomba pendidikan akuntansi tahunan yang diadakan oleh Universitas Negeri Sebelas Maret "UNS" Surakarta (Solo). Tahun ini kami mengikuti OPA UNS 2019 mewakili SMA Kristen Petra 1. Pada tanggal 26 Agustus 2019, kami mengikuti seleksi online yang bersifat individu dan ternyata hasil tes online kami cukup meyakinkan yaitu peringkat satu tertinggi dari seratus lebih siswa dari berbagai daerah di Jawa dan Bali.Dari hasil tersebut,  kami mendapat kesempatan untuk maju ke babak semi final..

Soal pada babak semifinal cukup sederhana, yaitu mengerjakan soal Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa untuk SMA dan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang untuk SMK. Setiap kelompok harus menentukan siapa saja yang menjadi anggota 1, 2, dan 3. Perbedaan tiap anggota adalah materi soal yang harus dikerjakan. Anggota 1 mengerjakan soal jurnal umum, buku besar jurnal umum hingga neraca saldo. Anggota 2 mengerjakan soal jurnal Penyesuaian, Buku Besar Jurnal Penyesuaian, dan Neraca Lajur. Anggota 3 bertugas untuk menyelesaikan laporan keuangannya, membuat jurnal penutup, buku besar setelah penutupan dan neraca saldo setelah penutupan.

boost the values reap the success