| |

Apresiasi Karya Anak Negeri Dalam Konser Mini “Kita Indonesia” 

Menjelang akhir bulan Oktober 2021, SMA Kristen Petra 1 melaksanakan kegiatan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa secara Live Instagram @petra1.shs tepatnya hari Kamis, 28 Oktober 2021 lalu. Acara tersebut mengangkat tema “Kita Indonesia” dengan tujuan agar kita lebih mencintai keberagaman dan menumbuhkan rasa persatuan di tengah perbedaan, salah satunya adalah keberagaman bahasa yang ada di Indonesia.

Sumpah_Pemuda___Bulan_Bahasa_3.jpg.jpegSumpah_Pemuda___Bulan_Bahasa_1.jpgSumpah_Pemuda___Bulan_Bahasa_4.jpg.jpegSumpah_Pemuda___Bulan_Bahasa_2.jpg

Kegiatan ini dipandu oleh dua orang MC yaitu, Pak Roky dan Jennifer. Mereka juga meyampaikan beberapa latar belakang sumpah pemuda yaitu Sumpah Pemuda dicetuskan pada tanggal 28 Oktober 1928 pada Kongres Pemuda II di Batavia. Adanya sumpah ini, banyak dampak bagi bangsa Indonesia yang diterima, seperti lahirnya persatuan bangsa guna mewujudkan cita-cita nasional, melahirkan lagu Indonesia Raya menjadi lagu kebangsaan, dan menjadikan Bahasa Indonesia menjadi bahasa nasional pemersatu bangsa.

Acara ini diawali dengan sambutan dari Kepala SMA Kristen Petra 1, Elizabeth Dian Puji Lestari, S.Pd., M.M. Beliau berpesan bahwa meskipun banyak keberagaman di Indonesia, ini bukan menjadi halangan untuk kita bersatu dan bertumbuh bagi Indonesia. Peran pemuda untuk masa depan Indonesia sangat penting, maka diperlukan persatuan agar bisa mempertahankan keberagaman di Indonesia. Acara dilanjutkan dengan tampilan modern dance dari Hugo, yang dilanjutkan dengan band yang menampilkan medley beberapa lagu daerah.

Sebagai pemuda, kita butuh memupuk rasa semangat dan pantang menyerah yang dimaknai dari Sumpah Pemuda dimana hal tersebut dikemas dalam rangkaian podcast bersama beberapa narasumber. Podcast pada sesi pertama ini menghadirkan bintang tamu yaitu, Bapak Heri Bertus yang merupakan guru Bahasa Indonesia SMA Kristen Petra 1 sejak 2004. Saat itu beliau berbagi cerita bahwa sebelum terjun di dunia pendidikan, beliau sempat ingin menjadi tentara. Meski Pak Heri sudah lolos seleksi, beliau mengurungkan niatnya. Hingga perjalanan hidup beliau sampai pada bagaimna bergabung menjadi seorang gurur di PPPK Petra. Akhir sesi 1 podcast, Pak Heri juga memberikan slogan “HERI”, yang berarti Hari Esok Raih Impian. Kita sebagai pemuda harus bisa bangkit dan merebut impian kita. Sesi satu podcast diakhiri dengan penampilan mashed up lagu daerah. Lalu, ada penampilan lagu Mandarin “Qing Fei De Yi” yang diiringi musik akustik oleh Bu Maria dan kawan-kawan.

Podcast sesi ke dua ini mengundang salah satu siswa berprestasi, Kevin Lius Bong, yang tercatat pernah memenangi Olimpiade Kimia Internasional di Osaka Jepang (IChO) pada Agustus 2021 dan berhasil membawa pulang medali perunggu. Kevin berbagi cerita awal mulainya hingga mengantongi banyak prestasi baik dari lomba-lomba tingkat Kota sampai Internasional. Kevin juga memberikan pesan kepada pada kita semua, selagi kita masih muda, pelajari dan eksplore-lah sebanyak-banyaknya, maka kita akan mendapatkan banyak keuntungan dari hal yang sudah kita pelajari.

Sebagai penutup podcast, MC mengajak seluruh siswa untuk mengucapkan ikrar Sumpah Pemuda dan dilanjutkan dengan mini konser. Penampilan pertama adalah modern dance dari Daindra, dilanjutkan dengan penampilan band dari Bryan Jonathan dan kawan-kawan. Setelah itu, ada penampilan musikalisasi puisi, English speech, dan pemutaran pemenang video iklan pada lomba 17 Agustus lalu. Di penghujung acara, ditampilkannya video spesial vocal group guru-guru SMA Petra 1 serta video dance dari team dance A1 untuk perlombaan di DBL Surabaya.

Akhirnya, seluruh siswa SMA Petra 1 diajak untuk memaknai perayaan Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa ini dengan mengikuti perlombaan menuliskan sebuah laporan kegiatan berupa narasi,  lomba membuat artikel dalam Bahasa Inggris, lomba Tongue Twister Bahasa Mandarin dan membuat poster digital tentang pemaknaan kegiatan Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa. Semoga kita sebagai anak Indonesia dapat mempererat persatuan dan lebih mencintai keberagaman. (by : milka Jecholiah)

boost the values reap the success