| |

Never Give Up To Be Gritty People

MPLS 1

Siapa bilang Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dilakukan secara daring tidak seru dan ngebosenin? Hal seperti ini tidak berlaku untuk MPLS di SMA Kristen Petra 1 Surabaya. Keadaan kasus virus corona yang tinggi tidak menghalangi semangat para siswa SMA Kristen Petra 1 untuk berkontribusi dalam kelangsungan MPLS tahun ajaran 2021/2022. Kegiatan MPLS dilakukan setiap tahunnya agar para siswa baru memiliki gambaran tentang sekolah yang akan menjadi wadah pembelajarannya selama tiga tahun kedepan. MPLS kali ini dikemas secara daring melalui media aplikasi Zoom Meeting dengan tema Never Give Up, to Be Gritty People. Kegiatan MPLS ini berlangsung pada tanggal 12-14 Juli 2021 dengan melibatkan seluruh anggota baru dari keluarga SMA Kristen Petra 1 beserta para panitia dan bapak/ibu guru.

MPLS 1

Rangkaian acara hari pertama dikemas se-variatif mungkin untuk menyajikan konten perkenalan bagi para siswa mengenai modul pembelajaran, tata tertib sekolah, kurikulum, serta sosialisasi lomba akademik maupun non-akademik yang ada. Rangkaian acara hari kedua berfokus pada sesi pengembangan wawasan di berbagai bidang seperti wawasan kebangsaan, pentingnya menjaga kesehatan di masa pandemi, kenakalan remaja, dan kemandirian belajar. Para siswa juga diajak untuk menganalisa cara penggunaan media sosial yang tepat untuk mengimbangi tingginya intensitas penggunaan media sosial akhir-akhir ini.  Bahkan ada juga kegiatan untuk mengasah kerjasama tim yang diarahkan oleh para pendamping kelas OSIS/PD. Hari ketiga memaknai berakhirnya kegiatan MPLS tahun ajaran 2021/2022. Pada hari terakhir, pihak sekolah menayangkan beberapa video terbaik buatan para siswa mengenai pesona dan keterampilan yang mereka miliki. Bakat yang dimiliki oleh para siswa tentunya sangat beragam dan mempesona. Berakhirnya MPLS tahun ini memaknai resmi bergabungnya para siswa-siswi kelas X menjadi anggota keluarga besar SMA Kristen Petra 1.

MPLS 1

Selain rangkaian acara diatas, panitia OSIS dan PD mempersiapkan challenge yang dapat diikuti para siswa selama 3 hari pelaksanaan MPLS sehabis sesi berakhir. Siswa diberi kesempatan untuk menghubungi panitia OSIS maupun PD melalui Instagram. Nah, para siswa diberi challenge yang harus diselesaikan untuk mendapatkan stampel dari kakak OSIS/PD tersebut. Antusiasme dan keaktifan para siswa pun sangat terasa, sampai-sampai Instagram para panitia OSIS/PD kebanjiran direct message. Melalui challenge ini, para siswa kelas X dan anggota OSIS/PD dapat menjalin kebersamaan meskipun harus dibatasi oleh layar.

Pada akhirnya, kegiatan MPLS ini disoosialisasikan bukan hanya untuk membantu para siswa baru menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah SMA Kristen Petra 1, namun untuk mempersiapkan siswa menghadapi berbagai perubahan dalam masa remaja sekaligus untuk memberikan wawasan baru bagi para siswa di berbagai bidang. Seluruh pihak sekolah mengharapkan yang terbaik bagi siswa-siswi baru untuk masuk di tahun ajaran 2021/2022 ini. Catatannya adalah segala pencapaian kembali lagi pada semangat dan motivasi belajar yang dimiliki oleh setiap siswa. Ayo semangat untuk mengembangkan potensi yang kita miliki dan menggapai cita-cita setinggi langit karena waktu tidak dapat diputar kembali dan kerja kerasmu tidak akan pernah mengkhianati hasil. Semangat untuk para siswa menapaki tahun ajaran yang baru ini.

boost the values reap the success