| |

Semangat Hari Pahlawan Untuk Kami

Setiap tanggal 10 November, SMA Kristen Petra 1 selalu menyelenggarakan upacara Bendera dalam rangka memperingati hari Pahlawan dan pelantikan OSIS tahun ajaran baru. Tak terkecuali tahun ini, sekolah kami juga menyelenggarakan upacara bendera. Bedanya, tahun ini upacara dilaksanakan secara online/daring karena situasi pandemi saat ini yang belum memungkinkan untuk menyelenggarakan secara tatap muka. Meskipun dilaksanakan secara virtual, hal ini tidak menyurutkan semangat para guru yang bertugas serta para siswa untuk mengikuti upacara.

Pelantikan_OSIS_1.jpgHari_Pahlawan_1.jpgHari_Pahlawan_3.jpgPelantikan_OSIS_2.jpgHari_Pahlawan_2.jpg
 

Upacara bendera dimulai pada jam 08.15 dan diikuti oleh seluruh siswa dari rumah masing-masing. Pelaksanaan upacara peringatan hari Pahlawan di tengah pandemi ini dilakukan oleh beberapa guru yang memakai baju hijau loreng dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Upacara kali ini dipimpin oleh Ibu Elisabeth Dian Pujilestari, S.Pd., M.M selaku inspektur upacara yang juga merupakan Kepala Sekolah SMA Kristen Petra 1. Ibu Dian menyampaikan sedikit dari sejarah terjadinya hari Pahlawan dan berpesan kepada seluruh siswa untuk selalu menghormati dan mengenang para pahlawan yang sudah gugur di medan perang. Beliau juga berpesan agar para siswa bisa menjadi orang yang dapat menginspirasi orang lain serta berkontribusi disetiap kegiatan sekolah. Kita harus bisa menemukan ide yang cemerlang untuk melaksanakan event yang akan datang dengan baik, meskipun di masa sulit seperti sekarang ini. Hendaknya, kita tidak menjadikan situasi ini menjadi penghalang untuk mewujudkan ide yang kita miliki.

Seusai penyampaian amanat oleh inspektur upacara, dilanjutkan dengan pelantikan OSIS periode tahun ajaran 2020/2021. Seminggu sebelumnya, telah dilakukan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS untuk periode ini yang diikuti oleh seluruh siswa melalui form online. Pelantikan OSIS dilakukan oleh Kepala Sekolah didampingi pembina OSIS dan disaksikan para siswa serta bapak/ibu guru yang terlibat. Setelah pelantikan selesai, penyerahan jabatan dari ketua OSIS periode 2019/2020 ke ketua OSIS periode 2020/2021 yang juga dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Seluruh siswa telah mengikuti proses upacara bendera dengan baik dan tertib hingga selesai. Di situasi pandemi seperti sekarang ini, kita memang dianjurkan untuk selalu berada di rumah, tetapi bukan berarti kita hanya bermalas-malasan. Kita harus tetap produktif dalam menjalani hari-hari sulit ini. Kita harus bisa menjadi generasi milenial yang unggul dengan melatih dan meningkatkan bakat dan potensi yang kita miliki. Bersama-sama, kita pasti bisa melawan covid-19, yaitu dengan menjaga kebersihan serta selalu menerapkan protokol kesehatan dimanapun kita berada. Jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kita selalu dalam lindungan-Nya dan berharap pandemi ini segera berakhir. Mari kita terapkan new normal dan tetap memiliki semangat yang membara seperti pejuang kita melawan penjajah. Merdeka!

 

boost the values reap the success