| |

Yang Berbeda Dari Perayaan HUT RI Ke-75

HUT RI foto 1

HUT RI foto 2

 

 

 

 

 

 

 

 

HUT RI foto 3

HUT RI foto 4a

 

 

 

 

 

 

 

Hari Proklamasi Kemerdekaan merupakan suatu peristiwa penting dan bersejarah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena hal itu perlu dikenang, diperingati dan dirayakan sebagai ungkapan syukur, agar dapat terus memberi arti bagi generasi penerus perjuangan bangsa dalam mengisi kemerdekaan yang telah dianugerahkan Tuhan sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme.

Ironisnya perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia biasanya digelar dengan sangat meriah, baik di kota maupun di desa-desa.  Namun perayaan 17-an tahun ini berbeda dari biasanya, sebab masih dalam masa pandemi covid-19. Kegiatan yang menyebabkan keramaian atau pengumpulan massa ditiadakan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona, selain itu juga karena kami pun masih mengikuti pembelajaran jarak jauh. Jadi, sama halnya dengan perayaan HUT RI tahun ini dilakukan secara virtual. Tidak ada upacara bendera dan lomba-lomba yang dilakukan di lingkungan sekolah, namun semua digelar secara online/daring.

Bapak/ibu guru dan OSIS SMA Kristen Petra 1 sudah merencanakan segala kegiatan terkait perayaan HUT RI kali ini dengan cara online. Mulai dari macam-macam lomba, ibadah syukur hingga upacara bendera. Awal agendanya dilakukan oleh para siswa mulai 6 – 13 Agustus untuk mempersiapkan lomba-lomba yang diikuti, yaitu music project, make up challenge, desain masker dan faceshield, desain poster, cover dance, dan parikan jawa. Semua lomba-lomba tersebut dilakukan dalam bentuk video yang nantinya dikumpulkan tanggal 14 Agustus 2020 saat kita semua merayakan bersama dalam perayaan HUT RI ke 75 secara online.

Jumat itu saat perayaan HUT RI ke 75 dimulai, kami mengawali dengan morning devotion bersama wali kelas dan mentor, kemudian diberikan waktu untuk menyelesaikan video lomba-lomba dan upload ke link google drive yang diberikan oleh panitia. Menjelang akhir kegiatan, kami semua mengikuti ibadah syukur melalui zoom bersama seluruh siswa dan guru.

Tepat tanggal 17 Agustus 2020, kami mengikuti upacara bendera yang dilakukan juga secara online dengan live streaming youtube SMA Kristen Petra 1. Kami semua mengikutinya dengan penuh khidmat meskipun dilakukan di rumah masing-masing. Semua itu tidak mengurangi rasa syukur kami atas kemerdekaan negara kami tercinta Indonesia. Merdeka!!!

Oleh :

Nathanael (XI IPA 2/28)

 

boost the values reap the success