| |

A1 EPIC "My Hero"

Salah satu acara rutin yang diadakan oleh SMA Kristen Petra 1 adalah  A1 Epic. Tanggal 8 November 2019 menjadi pilihan tanggal yang kami tentukan dan pemilihan tanggal ini adalah juga karena sekolah kami ingin mengangkat tema “My Hero” dalam rangka memperingati hari Pahlawan 10 November 2019.Kegiatan A1 Epic SMA Kristen Petra 1 dibuka oleh Kepala Sekolah Ibu Elisabeth Dian Pujilestari, S.Pd.,M.M. dihadiri Wadir Pendidikan Ibu Dra. Hariati Santoso, M.Pd., M.Si. Seluruh rangkaian acara A1 Epic dilaksanakan  di lingkungan sekolah SMA Petra 1 mulai dari lapangan indoor, kantin, taman sekolah, ruang-ruang kelas, dan auditorium. Seperti tiap tahunnya, diadakan berbagai macam kegitan yaitu, bazar di lapangan outdoor, pameran seni di sport hall, berbagai macam kompetisi, dan  drama yang menunjang kemampuan seni siswa . Namun, bedanya tahun ini juga diselenggarakannya workshop yang  diadakan di sport hall yaitu mengajarkan cara menggambar secara digital dan melukis di kain. Selain itu, juga ada pameran yang diadakan di setiap ruang laboratoium SMA Petra 1 yaitu, laboratorium kimia, laboratorium biologi, laboratorium fisika, dan laboratorium pengolahan teknologi.

 
Pelaksanaan-A-1Epic-2019.jpgPembukaan-A1-Epic-2019-oleh-Kepala-Sekolah-Ibu-Elisabeth-Dian-Pujilestari-S.Pd.M.M.jpgFashion-Show-.jpgSuasana-pementasan-English-Festival-di-Auditorium-A1.jpgPenampilan-English-Festival-Singer.jpgEnglish-Festival.jpgSiswa-Pemenang-Lomba-Matematika-B.jpg

Pada area bazar ada stan makanan, minuman, dan yang paling penting adalah stan game. Stan-stan ini banyak dijaga oleh siswa SMA Petra 1 dan ada juga oleh beberapa guru. Harga yang dijual untuk tiap stan berkisar antara Rp5.000,00 sampai Rp25.000,00. Selain siswa dan guru dari SMA Petra 1, stan-stan bazaar juga diramaikan oleh bapak dan ibu guru dari SMP Petra 1,SD Petra 10, dan SD Petra 11. Selain itu, di area bazar juga ada panggung kecil yang digunakan untuk memutar lagu dan menghibur para pengunjung yang dimainkan oleh band sekolah.

Pada bagian taman SMA Petra 1 acara dibuka dengan pembacaan doa, pengguntingan pita balon oleh kepala sekolah SMA Petra 1 dan penerbangan burung merpati oleh wadir pendidikan PPPK Petra, dan ketua panitia, kepala sekolah SMA Petra 1, SMP Petra 1, SD Petra 10, dan SD Petra 11.

Pameran seni di sport hall juga sangat mengagumkan! Ada berbagai hasil scrapbook yang telah dihias, cerita pendek bahasa Inggris karya siswa kelas X SMA Petra1,  hasil seni penjiplakan gambar pada telenan kayu, lukisan di kanvas, topeng-topeng Jawa, dan berbagai macam lainnya. Di sudut ruangan ada juga Chinese Corner yang menampilkan Kecapi Cina (Guzheng). Selain itu, di sebelahnya terdapat suvenir hasil karya siswa SMA Petra 1 yang dijual dengan harga Rp15.000,00.

Seperti tahun lalu, terdapat lomba-lomba yang diselenggarakan. Beberapa lomba yang diadakan adalah lomba solo vocal, olimpiade matematika, dan bahasa Inggris. Ada hal yang berbeda untuk lomba tahun ini adalah lomba menggambar poster. Para peserta berasal dari siswa SD dan SMP dari Surabaya maupun dari luar kota Surabaya. Mereka berupaya sebaik mungkin untuk mendapatkan gelar juara pertama.

Bagian yang paling dinanti-nantikan siswa pada acara A1 Epic adalah pertunjukan pentas seni yang diadakan di auditorium. Pertunjukan ini berisi drama yang dikolaborasikan dengan dance crew, penyanyi, fashion show, beatboxer, MC, dan angklung dari siswa SD Petra. Drama dengan judul ‘Deviant’ ini menceritakan sebuah kisah yang mengenaskan dan mengharukan. Kisah yang diangkat dari sebuah game yang ada pada aplikasi handphone ini menceritakan kisah professor Birkin yang berhasil membuat robot android untuk menjaga anak gadisnya yang bernama Clara Birkin. Drama ini juga dikemas dengan tampilan kolaborasi dengan alumni siswa SMA Petra 1 dan permainan angklung dari siswa SD Petra 10 serta kolaborasi tampilan drum oleh alumni SMA Kristen Petra 1 dan siswa SD Petra   .

Di tengah tampilan dalam acara pentas seni tersebut kepala sekolah, Ibu Elisabeth Dian Pujilestari,S.Pd.,M.M. mengumumkan para pemenang lomba. Kemudian  acara ini ditutup dengan penampilan music.

Eva Cynthia  dan Catherin

boost the values reap the success