| |

Studi wisata siswa ke kampung Kidzz Malang

study_wisata-02.jpgstudy_wisata-01.jpgstudy_wisata-03.jpg

Pada tanggal 17 Desember 2012, SMA Kristen Petra 1 Surabaya kelas XI IPA dan IPS melaksanakan studi wisata di Kampoeng Kidzz, Malang. Tempat tujuan ini merupakan wadah khusus bagi lebih dari seratus anak SMA yang rindu untuk sekolah, namun terhalang oleh masalah biaya. Mereka yang mayoritas  adalah anak yatim piatu disekolahkan secara gratis di sekolah SMA Selamat Pagi Indonesia. Disamping mendapatkan pendidikan melalui proses belajar mengajar di sekolah, mereka juga mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan hidup melalui praktik kerja dalam bidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan bidang entrepreneurship.

Sesampai di Kampoeng Kidzz, para siswa disuguhi dengan rangkaian nyanyian dan tarian tradisional berjudul Pesona Garuda. Pertunjukan ini disiapkan sendiri oleh murid-murid SMA Selamat Pagi Indonesia hanya selama lima hari ketika mereka akan menyambut tamu kepresidenan.

Rombongan siswa IPA akan belajar tentang proses penanaman, pemupukan sampai kepada teknik pemanenan tanaman, sedangkan siswa IPS tentang Entrepreneurship yaitu, pembuatan Choco Banana dan trading market. Pembelajaran ini dibagi dua sesi. Sesi pertama, siswa IPA terjun ke wilayah pertanian untuk  belajar teknik menanam, pemupukan dan panen. Sebagai tindak lanjut tim dari Kampoeng Kidzz mengevaluasi proses yang dikerjakan siswa-siswi dalam praktik pertanian tersebut. Siswa IPS mencoba langsung pembuatan Choco Banana, yang rupanya merupakan produk asli Kampoeng Kidzz dan telah didistribusikan ke berbagai daerah. Proses itu meliputi pengupasan pisang raja, pencucian, perendaman, penggorengan, hingga pengemasan. Produk ini sendiri mampu bertahan hingga delapan bulan tanpa menggunakan bahan pengawet. Dan sesi kedua, para siswa diajak bermain Trading Market, yang tentunya mengasah kemampuan berbisnis.

Di akhir rangkaian acara, siswa SMA Kristen Petra 1 telah mendapatkan begitu banyak bekal. Tidak hanya dalam bidang biologi dan ekonomi, namun juga mengenai pelajaran hidup. Sepulang dari tempat itu, setiap pribadi belajar untuk terus bersyukur, dan tidak menyerah dalam segala permasalahan hidup. Tak heran, banyak dari mereka yang mengaku begitu senang dengan studi wisata ini dan ingin kembali belajar di Kampoeng Kidzz, Malang.

boost the values reap the success