| |

Layanan Orientasi Siswa

los01.jpglos03.jpglos02.jpg

Ratusan wajah baru tampak memadati wilayah SMA Kristen Petra 1 Surabaya tanggal 9 Juli 2012. Sejak pukul 6.30 pagi, mereka yang tak lain adalah siswa-siswi kelas X telah bersiap mengikuti program orientasi siswa.

Program ini memang menjadi agenda wajib setiap sekolah di awal tahun ajaran baru. Namun, kegiatan yang dikenal dengan nama "Masa Orientasi Siswa (MOS)" itu kini tak lagi berlaku bagi SMA Kristen Petra 1. Namanya telah berubah menjadi LOS, singkatan dari "Layanan Orientasi Siswa".

MOS memang bertujuan untuk mengenalkan siswa-siswi kepada lingkungan sekolah mereka, sekaligus lika-liku dunia SMA. Namun sayang, hal itu justru cenderung identik dengan kedisiplinan terlampau batas-bahkan "kekerasan" yang ditujukan kepada murid-murid baru.
SMA Petra 1 ingin mengubah pola pikir tersebut. "Harus dipertegas bahwa tujuan orientasi siswa adalah untuk mempersiapkan siswa-siswi baru dalam dunia SMA. Karena itu, sesuai dengan tema Layanan Orientasi Siswa, kami para guru dan OSIS di sini bertugas untuk membantu mereka," jelas Stefani Vivian, ketua OSIS tahun ajaran 2011-2012.

Tidak hanya itu. OSIS percaya bahwa seusai LOS ini pun, budaya melayani akan tertanam di hati setiap siswa. Tujuan tersebut juga didukung oleh rangkaian acara yang baik. Di antaranya rally games Pengenalan Lingkungan Sekolah , sosialisasi Cara Belajar, dinamika kelompok dan lain-lain.
Penutupan LOS dilakukan tanggal 11 Juli 2012, bertempatkan di Aula Indoor. Rangkaian kegiatan tersebut diakhiri dengan instruksi dari kepala sekolah untuk melepas nametag LOS. Hal ini menandakan bahwa setiap siswa yang hadir telah dinyatakan lulus dan siap menuntut ilmu selama tiga tahun ke depan di SMA Kristen Petra 1 Surabaya.

boost the values reap the success