| |

Yang Berbeda Dari Perayaan HUT RI Ke-75

HUT RI foto 1

HUT RI foto 2

 

 

 

 

 

 

 

 

HUT RI foto 3

HUT RI foto 4a

 

 

 

 

 

 

 

Hari Proklamasi Kemerdekaan merupakan suatu peristiwa penting dan bersejarah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena hal itu perlu dikenang, diperingati dan dirayakan sebagai ungkapan syukur, agar dapat terus memberi arti bagi generasi penerus perjuangan bangsa dalam mengisi kemerdekaan yang telah dianugerahkan Tuhan sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme.

Ironisnya perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia biasanya digelar dengan sangat meriah, baik di kota maupun di desa-desa.  Namun perayaan 17-an tahun ini berbeda dari biasanya, sebab masih dalam masa pandemi covid-19. Kegiatan yang menyebabkan keramaian atau pengumpulan massa ditiadakan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona, selain itu juga karena kami pun masih mengikuti pembelajaran jarak jauh. Jadi, sama halnya dengan perayaan HUT RI tahun ini dilakukan secara virtual. Tidak ada upacara bendera dan lomba-lomba yang dilakukan di lingkungan sekolah, namun semua digelar secara online/daring.

Bapak/ibu guru dan OSIS SMA Kristen Petra 1 sudah merencanakan segala kegiatan terkait perayaan HUT RI kali ini dengan cara online. Mulai dari macam-macam lomba, ibadah syukur hingga upacara bendera. Awal agendanya dilakukan oleh para siswa mulai 6 – 13 Agustus untuk mempersiapkan lomba-lomba yang diikuti, yaitu music project, make up challenge, desain masker dan faceshield, desain poster, cover dance, dan parikan jawa. Semua lomba-lomba tersebut dilakukan dalam bentuk video yang nantinya dikumpulkan tanggal 14 Agustus 2020 saat kita semua merayakan bersama dalam perayaan HUT RI ke 75 secara online.

Jumat itu saat perayaan HUT RI ke 75 dimulai, kami mengawali dengan morning devotion bersama wali kelas dan mentor, kemudian diberikan waktu untuk menyelesaikan video lomba-lomba dan upload ke link google drive yang diberikan oleh panitia. Menjelang akhir kegiatan, kami semua mengikuti ibadah syukur melalui zoom bersama seluruh siswa dan guru.

Tepat tanggal 17 Agustus 2020, kami mengikuti upacara bendera yang dilakukan juga secara online dengan live streaming youtube SMA Kristen Petra 1. Kami semua mengikutinya dengan penuh khidmat meskipun dilakukan di rumah masing-masing. Semua itu tidak mengurangi rasa syukur kami atas kemerdekaan negara kami tercinta Indonesia. Merdeka!!!

Oleh :

Nathanael (XI IPA 2/28)

 

Semangat MPLS Di “New Normal”

MPLS 1

Hari pertama masuk sekolah merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh para siswa. Sebuah kebahagiaan bahwasannya kembali bersekolah di sekolah baru pada jenjang yang lebih tinggi. Namun saat ini salah satu topik yang ramai dibicarakan di hari pertama sekolah tahun ajaran 2020/2021 adalah penyelenggaraan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Masa sebelum pandemi, momen ini adalah situasi yang sangat ditunggu-tunggu oleh para siswa. Beragam kehebohan seputar pernak-pernik MPLS ramai dibicarakan. Mulai dari materi, kegiatan, sampai atribut yang dibawa. Namun, apadaya untuk tahun ajaran ini semua dilakukan secara daring.

MPLS 3

Sama halnya di SMA Kristen Petra 1 Surabaya pelaksanaan MPLS dilakukan dengan cara online, menggunakan aplikasi zoom dan juga live streaming di youtube mulai tanggal 13-16 Juli 2020. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Never Give Up to Be Gritty People”. Bagaimana kami diajarakan dan diingatkan kebali agar tidak mudah pantang menyerah dalam segala situasi dan terus menjadi pribadi yang tangguh.

MPLS 6

Kegiatan MPLS merupakan salah satu kegiatan penting dimana kami diberikan orientasi mengenai wawasan wiyata mandala, tata tertib sekolah yang seharusnya dapat dipahami dan dipatuhi meskipun dilakukan saat pembelajaran secara daring, serta bagaimana kami mengerti dan memahami tentang berinteraksi di lingkungan sekolah. Saat MPLS itu juga disampaikan mengenai kegiatan-kegiatan apa saja yang terdapat di sekolah, baik kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Menekankan penguatan pendidikan karater tak lupa disampaikan juga dalam kegiatan ini. Selain mengenai wawasan wiyata mandala dan pendidikan penguatan karakter, dalam MPLS disampaikan mengenai berbagai macam hal yang harus dilakukan oleh kami untuk bersama-sama memutus mata rantai persebaran covid 19. Bentuk edukasi kepada kami untuk patuh dan mendisiplinkan diri dengan penuh kesadaran tinggi bagaimana menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian.

Tidak mengapa MPLS tahun ajaran ini dilaksanakan tidak seperti biasanya. Mengingat kondisi yang harus dihadapi saat ini sungguh memprihatinkan. Namun, semangat itu tidak luntur bagi kami. Babak baru, masa baru, sekolah baru dan semangat yang baru juga, kami siap menghadapi bersama-sama.

 

Oleh :

Aylena Laurencia Novita Liminto (X IPA 6/3)

 

A1 EPIC "My Hero"

Salah satu acara rutin yang diadakan oleh SMA Kristen Petra 1 adalah  A1 Epic. Tanggal 8 November 2019 menjadi pilihan tanggal yang kami tentukan dan pemilihan tanggal ini adalah juga karena sekolah kami ingin mengangkat tema “My Hero” dalam rangka memperingati hari Pahlawan 10 November 2019.Kegiatan A1 Epic SMA Kristen Petra 1 dibuka oleh Kepala Sekolah Ibu Elisabeth Dian Pujilestari, S.Pd.,M.M. dihadiri Wadir Pendidikan Ibu Dra. Hariati Santoso, M.Pd., M.Si. Seluruh rangkaian acara A1 Epic dilaksanakan  di lingkungan sekolah SMA Petra 1 mulai dari lapangan indoor, kantin, taman sekolah, ruang-ruang kelas, dan auditorium. Seperti tiap tahunnya, diadakan berbagai macam kegitan yaitu, bazar di lapangan outdoor, pameran seni di sport hall, berbagai macam kompetisi, dan  drama yang menunjang kemampuan seni siswa . Namun, bedanya tahun ini juga diselenggarakannya workshop yang  diadakan di sport hall yaitu mengajarkan cara menggambar secara digital dan melukis di kain. Selain itu, juga ada pameran yang diadakan di setiap ruang laboratoium SMA Petra 1 yaitu, laboratorium kimia, laboratorium biologi, laboratorium fisika, dan laboratorium pengolahan teknologi.

 
Pelaksanaan-A-1Epic-2019.jpgPembukaan-A1-Epic-2019-oleh-Kepala-Sekolah-Ibu-Elisabeth-Dian-Pujilestari-S.Pd.M.M.jpgFashion-Show-.jpgSuasana-pementasan-English-Festival-di-Auditorium-A1.jpgPenampilan-English-Festival-Singer.jpgEnglish-Festival.jpgSiswa-Pemenang-Lomba-Matematika-B.jpg

Pada area bazar ada stan makanan, minuman, dan yang paling penting adalah stan game. Stan-stan ini banyak dijaga oleh siswa SMA Petra 1 dan ada juga oleh beberapa guru. Harga yang dijual untuk tiap stan berkisar antara Rp5.000,00 sampai Rp25.000,00. Selain siswa dan guru dari SMA Petra 1, stan-stan bazaar juga diramaikan oleh bapak dan ibu guru dari SMP Petra 1,SD Petra 10, dan SD Petra 11. Selain itu, di area bazar juga ada panggung kecil yang digunakan untuk memutar lagu dan menghibur para pengunjung yang dimainkan oleh band sekolah.

Pentas Seni Siswa "Counterclockwise"

Foto Pensi 4

Acara ini merupakan ajang bagi siswa dalam menyalurkan jiwa seni yang mereka miliki. Mulai dari seni tari, drama, MC/host, dan seni rupa bagi mereka yang memiliki kemampuan untuk mendekor panggung. Dengan tema busana vintage, para tamu terlihat semakin elegan dan sangat sesuai dengan tajuk “Counterclockwise”.

Foto Pensi 1

Pukul 16.00 para tamu mulai menikmati hidangan makanan dan minuman ringan yang telah tersedia, seperti bakso, siomay, pisang keju, dan Cincau Station.  Hidangan ini disajikan di sport hall yang ditata sebaik mungkin sehingga dapat menjadi spot foto yang cantik. Hal ini tentu saja tidak disia-siakan oleh para siswa dan bapak ibu guru karyawan. Tidak hanya itu, ketika kami masuk ke dalam ruangan auditorium tampak panggung yang telah dipersiapkan dengan berbagai perlengkapan lighting yang mendukung.

 

A1 Epics 2018

Exhibition Festival Solo Vokal

Pada tanggal 10 November 2018, SMA Kristen Petra 1 melaksanakan even besar yaitu A1 EPIC (A1 Extraordinary Olympics)”. Acara A1 EPIC meliputi, Lomba, English Festival, dan Bazaar. Untuk kegiatan lomba dikemas dalam Olimpiade Matematika, Bahasa Inggris, dan Lomba Solo Vokal Lagu Rohani tingkat SD dan SMP se-Jawa Timur. Peserta tingkat SD yang mengikuti lomba sebanyak 225 siswa, Matematika 82 siswa, Bahasa Inggris 94 siswa, Solo Vokal 49 siswa, Peserta tingkat SMP, Matematika 57 siswa, Bahasa Inggris 56 siswa, dan Solo Vokal 31 siswa. Masing-masing lomba diambil juara 1,2, dan 3.

boost the values reap the success