| |

Splash Our Love – Charity 2021

Dampak dari pandemi covid 19 sangat terasa sepanjang tahun 2020 hingga memasuki tahun 2021. Pergumulan ini mengakibatkan banyak sektor yang mengalami kehancuran, terutama bidang perekonomian. Selayaknya sebagai makhluk sosial, kami warga SMA Kristen Petra 1 kembali menggugah rasa peduli dan empati kami melihat berbagai kondisi tersebut. Firman Tuhan mengingatkan didalam Lukas 6:38 “Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.” Melihat hal tersebut dan bersamaan juga dengan hari kasih sayang di bulan Februari, maka kami mengadakan kegiatan Charity yang tentunya dikemas dengan memperhatikan protokol kesehatan. Sedangkan tema yang kami ambil untuk kegiatan tersebut adalah SPLASH OUR LOVE, dimana kami berharap melalui kegiatan ini bisa membagikan rasa peduli dan kasih kami kepada sesama.

image_2.jpgimage_1.jpgimage_3.jpg
 

Mulai tanggal 28 Januari – 8 Februari 2021 kami semua warga SMA Kristen Petra 1 menyisihkan sebagian kecil berkat Tuhan yang melimpah untuk didonasikan, kemudian dibelikan paket sembako oleh panitia. Paket sembako tersebut berisikan beras 5kg, kecap manis 275ml, minyak goreng 1lt, gula 1kg, dan handsoap 250ml yang sudah diberikan ke warga sekitar sekolah (RT 06, RT, 07, RT 08 daerah Pradah Indah), Yayasan Penampungan Tuna Wisma Cacat Pelayanan Kasih, Panti Asuhan Khadijah II Yatim Piatu Putra, pesuruh sekolah, satpam sekolah, cleaning service sekolah, dan pekerja harian lepas Alam Sari Petra pada tanggal 17 Februari 2021. Tentunya saat memberikan paket sembako tersebut, kami beberapa perwakilan OSIS dan pengurus PD benar-benar menjaga protokol kesehatan serta memberikannya secara simbolis saja, sedangkan pembagian paket sembako secara keseluruhan kepada warga dikoordinasikan oleh ketua RT masing-masing. Kemudian laporan kegiatan Charity berupa rekap kegiatan dalam video yang diputar saat morning devotion.

Adanya pandemi covid 19 tidak menghalangi semangat kami untuk berbagi kepada sesama, walaupun melalui cara dan metode yang berbeda dari biasanya. Jangan lelah untuk terus membagikan cinta kasih dan menjadi berkat bagi orang-orang di sekitar kita ya, splash our love!.

 

Oleh :
Jessica Shane S. (X IPS 1)

Semangat Hari Pahlawan Untuk Kami

Setiap tanggal 10 November, SMA Kristen Petra 1 selalu menyelenggarakan upacara Bendera dalam rangka memperingati hari Pahlawan dan pelantikan OSIS tahun ajaran baru. Tak terkecuali tahun ini, sekolah kami juga menyelenggarakan upacara bendera. Bedanya, tahun ini upacara dilaksanakan secara online/daring karena situasi pandemi saat ini yang belum memungkinkan untuk menyelenggarakan secara tatap muka. Meskipun dilaksanakan secara virtual, hal ini tidak menyurutkan semangat para guru yang bertugas serta para siswa untuk mengikuti upacara.

Pelantikan_OSIS_1.jpgHari_Pahlawan_1.jpgHari_Pahlawan_3.jpgPelantikan_OSIS_2.jpgHari_Pahlawan_2.jpg
 

Upacara bendera dimulai pada jam 08.15 dan diikuti oleh seluruh siswa dari rumah masing-masing. Pelaksanaan upacara peringatan hari Pahlawan di tengah pandemi ini dilakukan oleh beberapa guru yang memakai baju hijau loreng dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Upacara kali ini dipimpin oleh Ibu Elisabeth Dian Pujilestari, S.Pd., M.M selaku inspektur upacara yang juga merupakan Kepala Sekolah SMA Kristen Petra 1. Ibu Dian menyampaikan sedikit dari sejarah terjadinya hari Pahlawan dan berpesan kepada seluruh siswa untuk selalu menghormati dan mengenang para pahlawan yang sudah gugur di medan perang. Beliau juga berpesan agar para siswa bisa menjadi orang yang dapat menginspirasi orang lain serta berkontribusi disetiap kegiatan sekolah. Kita harus bisa menemukan ide yang cemerlang untuk melaksanakan event yang akan datang dengan baik, meskipun di masa sulit seperti sekarang ini. Hendaknya, kita tidak menjadikan situasi ini menjadi penghalang untuk mewujudkan ide yang kita miliki.

Seusai penyampaian amanat oleh inspektur upacara, dilanjutkan dengan pelantikan OSIS periode tahun ajaran 2020/2021. Seminggu sebelumnya, telah dilakukan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS untuk periode ini yang diikuti oleh seluruh siswa melalui form online. Pelantikan OSIS dilakukan oleh Kepala Sekolah didampingi pembina OSIS dan disaksikan para siswa serta bapak/ibu guru yang terlibat. Setelah pelantikan selesai, penyerahan jabatan dari ketua OSIS periode 2019/2020 ke ketua OSIS periode 2020/2021 yang juga dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Seluruh siswa telah mengikuti proses upacara bendera dengan baik dan tertib hingga selesai. Di situasi pandemi seperti sekarang ini, kita memang dianjurkan untuk selalu berada di rumah, tetapi bukan berarti kita hanya bermalas-malasan. Kita harus tetap produktif dalam menjalani hari-hari sulit ini. Kita harus bisa menjadi generasi milenial yang unggul dengan melatih dan meningkatkan bakat dan potensi yang kita miliki. Bersama-sama, kita pasti bisa melawan covid-19, yaitu dengan menjaga kebersihan serta selalu menerapkan protokol kesehatan dimanapun kita berada. Jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kita selalu dalam lindungan-Nya dan berharap pandemi ini segera berakhir. Mari kita terapkan new normal dan tetap memiliki semangat yang membara seperti pejuang kita melawan penjajah. Merdeka!

 

Bangga Menjadi Pemuda Indonesia dan Bangga Menjadi Keluarga SMA Kristen Petra 1

Peringatan Sumpah Pemuda yang diselenggarakan oleh SMA Kristen Petra 1 pada tanggal 28 Oktober 2020 mengangkat tema “Bangga Menjadi Pemuda Indonesia, Bangga Menjadi Keluarga SMA Kristen Petra 1”. Tema tersebut diekspresikan para siswa dalam berbagai kegiatan. Kegiatan diawali dengan morning devotion, para siswa diajak untuk mengucap syukur atas kebaikan Tuhan bagi bangsa Indonesia dan bagi sekolah tercinta SMA Kristen Petra 1.

 
sumpah_pemuda_2.jpgsumpah_pemuda_1.jpgsumpah_pemuda_5.jpgsumpah_pemuda_4.jpgsumpah_pemuda_6.jpgsumpah_pemuda_3.jpg

Setelah morning devotion dilanjutkan pemutaran video yang diawali sambutan Ketua OSIS. Dalam sambutannya Ketua OSIS mengajak para siswa sebagai generasi muda, penerus bangsa, untuk tidak berdiam diri dan pasrah dalam menghadapi kesulitan bangsa saat ini karena covid-19. Akan tetapi, berkreasi dan memberikan solusi bagi negeri tercinta. Sebagai pelajar SMA Kristen Petra 1 tetap bersemangat dalam belajar walaupun melalui PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dan tetap menghadirkan kemampuan yang kreatif dan inovatif.

Dalam refleksi dan pemaknaan yang disampaikan oleh salah satu guru Sejarah (Paskalis Tribowo Krisnarso, S.Pd) para siswa diingatkan juga akan sejarah Sumpah Pemuda yang telah memberikan kontribusi atau jalan menuju kemerdekaan. Persatuan pemudi pemuda dari berbagai latar belakang telah menunjukkan kebulatan sikap yang dituangkan dalam Sumpah Pemuda.  Sebagai pelajar harus menunjukkan cinta kepada tanah air Indonesia, bangga sebagai bangsa Indonesia, dan mencintai bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Koordinator Praise and Workship, Matthew Adi menyampaikan sebagai generasi muda selalu identik dengan arah perubahan. Generasi muda selalu identik dengan semangat dan penuh perjuangan. Sebagai pelajar SMA Kristen Petra 1, harus bisa memberikan yang terbaik bagi negeri tercinta Indonesia. Prestasi di tingkat internasional, prestasi di tingkat nasional dan juga mengajak para siswa berprestasi juga dalam hal karakter dan terlebih pada pertumbuhan iman yang kuat sebagai pondasi hidup. “Mari kita buat sejarah baru, kita adalah generasi yang berkarakter dan peduli bangsa, berprestasi dari berbagai bidang yang berhiaskan mutiara-mutiara dan dibungkus oleh nilai-nilai spritualitas.”

Pembacaan Sumpah Pemuda yang disampaikan oleh Shienly dan Ferdinand memberikan semangat baru dalam peringatan Sumpah Pemuda. Disamping itu, pembacaan puisi oleh Alicia, menyanyikan lagu Bangun Pemudi Pemuda, Satu Nusa Satu Bangsa, penampilan guru/karyawan telah memberikan warna-warni suka cita dan semangat dalam memperingati Sumpah Pemuda.

Kemeriahan para siswa juga ditunjukkan dalam berbagai lomba, salah satunya adalah kata berantai. Dalam perlombaan tersebut para siswa ditantang untuk membangun kerja sama dan fokus pada tujuan utama. Disamping itu, para siswa menghadirkan berbagai kreativitas karya seni, membaca puisi/pantun yang diekspresikan penuh semangat dan suka cita. Walaupun para siswa beraktivitas di rumah masing-masing, kerja sama, saling melengkapi, sikap peduli, saling memberikan semangat, menjadi roh penggerak rasa syukur para siswa kepada Tuhan atas kemerdekaan yang sudah diberikan bagi bangsa Indonesia dan atas jasa para pemudi pemuda Indonesia yang telah menjadi tonggak sejarah kemerdekaan Indonesia. 

Yang Berbeda Dari Perayaan HUT RI Ke-75

HUT RI foto 1

HUT RI foto 2

 

 

 

 

 

 

 

 

HUT RI foto 3

HUT RI foto 4a

 

 

 

 

 

 

 

Hari Proklamasi Kemerdekaan merupakan suatu peristiwa penting dan bersejarah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena hal itu perlu dikenang, diperingati dan dirayakan sebagai ungkapan syukur, agar dapat terus memberi arti bagi generasi penerus perjuangan bangsa dalam mengisi kemerdekaan yang telah dianugerahkan Tuhan sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme.

Ironisnya perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia biasanya digelar dengan sangat meriah, baik di kota maupun di desa-desa.  Namun perayaan 17-an tahun ini berbeda dari biasanya, sebab masih dalam masa pandemi covid-19. Kegiatan yang menyebabkan keramaian atau pengumpulan massa ditiadakan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona, selain itu juga karena kami pun masih mengikuti pembelajaran jarak jauh. Jadi, sama halnya dengan perayaan HUT RI tahun ini dilakukan secara virtual. Tidak ada upacara bendera dan lomba-lomba yang dilakukan di lingkungan sekolah, namun semua digelar secara online/daring.

Bapak/ibu guru dan OSIS SMA Kristen Petra 1 sudah merencanakan segala kegiatan terkait perayaan HUT RI kali ini dengan cara online. Mulai dari macam-macam lomba, ibadah syukur hingga upacara bendera. Awal agendanya dilakukan oleh para siswa mulai 6 – 13 Agustus untuk mempersiapkan lomba-lomba yang diikuti, yaitu music project, make up challenge, desain masker dan faceshield, desain poster, cover dance, dan parikan jawa. Semua lomba-lomba tersebut dilakukan dalam bentuk video yang nantinya dikumpulkan tanggal 14 Agustus 2020 saat kita semua merayakan bersama dalam perayaan HUT RI ke 75 secara online.

Jumat itu saat perayaan HUT RI ke 75 dimulai, kami mengawali dengan morning devotion bersama wali kelas dan mentor, kemudian diberikan waktu untuk menyelesaikan video lomba-lomba dan upload ke link google drive yang diberikan oleh panitia. Menjelang akhir kegiatan, kami semua mengikuti ibadah syukur melalui zoom bersama seluruh siswa dan guru.

Tepat tanggal 17 Agustus 2020, kami mengikuti upacara bendera yang dilakukan juga secara online dengan live streaming youtube SMA Kristen Petra 1. Kami semua mengikutinya dengan penuh khidmat meskipun dilakukan di rumah masing-masing. Semua itu tidak mengurangi rasa syukur kami atas kemerdekaan negara kami tercinta Indonesia. Merdeka!!!

Oleh :

Nathanael (XI IPA 2/28)

 

Semangat MPLS Di “New Normal”

MPLS 1

Hari pertama masuk sekolah merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh para siswa. Sebuah kebahagiaan bahwasannya kembali bersekolah di sekolah baru pada jenjang yang lebih tinggi. Namun saat ini salah satu topik yang ramai dibicarakan di hari pertama sekolah tahun ajaran 2020/2021 adalah penyelenggaraan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Masa sebelum pandemi, momen ini adalah situasi yang sangat ditunggu-tunggu oleh para siswa. Beragam kehebohan seputar pernak-pernik MPLS ramai dibicarakan. Mulai dari materi, kegiatan, sampai atribut yang dibawa. Namun, apadaya untuk tahun ajaran ini semua dilakukan secara daring.

MPLS 3

Sama halnya di SMA Kristen Petra 1 Surabaya pelaksanaan MPLS dilakukan dengan cara online, menggunakan aplikasi zoom dan juga live streaming di youtube mulai tanggal 13-16 Juli 2020. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Never Give Up to Be Gritty People”. Bagaimana kami diajarakan dan diingatkan kebali agar tidak mudah pantang menyerah dalam segala situasi dan terus menjadi pribadi yang tangguh.

MPLS 6

Kegiatan MPLS merupakan salah satu kegiatan penting dimana kami diberikan orientasi mengenai wawasan wiyata mandala, tata tertib sekolah yang seharusnya dapat dipahami dan dipatuhi meskipun dilakukan saat pembelajaran secara daring, serta bagaimana kami mengerti dan memahami tentang berinteraksi di lingkungan sekolah. Saat MPLS itu juga disampaikan mengenai kegiatan-kegiatan apa saja yang terdapat di sekolah, baik kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Menekankan penguatan pendidikan karater tak lupa disampaikan juga dalam kegiatan ini. Selain mengenai wawasan wiyata mandala dan pendidikan penguatan karakter, dalam MPLS disampaikan mengenai berbagai macam hal yang harus dilakukan oleh kami untuk bersama-sama memutus mata rantai persebaran covid 19. Bentuk edukasi kepada kami untuk patuh dan mendisiplinkan diri dengan penuh kesadaran tinggi bagaimana menerapkan protokol kesehatan dalam keseharian.

Tidak mengapa MPLS tahun ajaran ini dilaksanakan tidak seperti biasanya. Mengingat kondisi yang harus dihadapi saat ini sungguh memprihatinkan. Namun, semangat itu tidak luntur bagi kami. Babak baru, masa baru, sekolah baru dan semangat yang baru juga, kami siap menghadapi bersama-sama.

 

Oleh :

Aylena Laurencia Novita Liminto (X IPA 6/3)

 

boost the values reap the success