Olimpiade 2016 IMO    

Olimpiade 2016 IMO

Gian Cordana meraih prestasi gemilang mendapatkan medali perunggu pada International Mathematical Olympiad (IMO) yang diselenggarakan di Hong Kong.

Olimpiade 2016 IChO    

Olimpiade 2016 IChO

Siswa SMA Kristen Petra 1 berhasil meraih medali perunggu pada International Chemistry Olympiad di Tbilisi, Georgia.

GTRE - Ho Chi Minh, Vietnam    

GTRE - Ho Chi Minh, Vietnam

Medali Emas oleh Jeff Bastian pada event Green Technology Research Exposition CGTRRXJ 2014

Ecology Scientific Research    

Ecology Scientific Research

Medali Perak oleh Jeff Bastian pada event Ecology Scientific Research Belgrade, Serbia 2014

Standards Olympiad 2014    

Standards Olympiad 2014

Medali Perak diraih oleh tim dari SMA Kristen Petra 1 pada event Standards Olympiad 2014 di Anseong, Republic of Korea

Physics, OSN 2014    

Physics, OSN 2014

Fienny Angelina sebagai Silver Medalist bidang Fisika dan The Best Female pada OSN tahun 2014

Chemistry, OSN 2015    

Chemistry, OSN 2015

Abraham Nathanael sebagai Gold Medalist bidang Kimia pada OSN tahun 2015

Mathematics, OSN 2015    

Mathematics, OSN 2015

William Kho sebagai Silver Medalist bidang Matematika pada OSN tahun 2015

Physics, OSN 2015    

Physics, OSN 2015

Enrico Hariono sebagai Silver Medalist bidang Fisika pada OSN tahun 2015

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.

The Silver Medalist of International Scientific Competition In Ecology In Belgrade, Serbia

icys 2014SMA Kristen Petra 1 berhasil menoreh prestasi terbaik di ajang Internasional meraih medali perak dalam lomba Karya Tulis Ilmiah bidang Ekologi di Belgrade, Serbia pada tanggal 17-24 April 2014 atas nama, Jeff Bastian W XI IPA-3.

Ketika bendera Indonesia dan namaku muncul di layar pada waktu pengumuman peraih medali dalam bidang Ekologi, saat itulah hasil kerja keras selama hampir 2 tahun terbayar dengan perolehan medali perak. Bermula dari seleksi regional di Bandung dan dilanjutkan dengan seleksi nasional di Jogjakarta, aku dan penelitianku yang berjudul “Scylla serrata as Bioplastic” akhirnya berhasil menjadi salah satu wakil Indonesia dalam ajang International Conference of Young Scientists (ICYS) yang ke-21 di Belgrade, Serbia. Setelah melalui kerja keras dalam melakukan penelitian yang cukup menyita waktu dan menguras tenaga, dan juga 3 kali pembinaan intensif oleh para pakar yang disediakan oleh Center for Young Scientists (CYS), aku dan 7 siswa lainnya beserta 1 pembina tim berangkat ke Serbia, Belgrade.

Saat pertama tiba disana, hal pertama yang kami rasakan adalah dingin! Padahal menurut prediksi, suhu disana seharusnya berkisar di 20°C karena sudah memasuki musim semi, namun ternyata hari itu sedang hujan sehingga suhunya sekitar 7°C. Setelah dijemput oleh panitia, kami langsung menuju ke asrama tempat kami tinggal, menikmati makan siang, dan kemudian mendapat free time untuk beristirahat karena banyak dari kami yang mengalami jet lag.

Hari kedua merupakan hari pembukaan ICYS secara resmi. Setelah menyaksikan beberapa pertunjukan kebudayaan setempat, seperti musik dan tarian tradisional di Gedung Dom Omladine, akhirnya ICYS yang ke-21 resmi dibuka dengan sambutan dari presiden ICYS, yaitu Zsuzsana Rajkovits. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pameran poster berisi penjelasan singkat mengenai proyek masing-masing yang berlangsung sampai malam hari. Keesokan harinya adalah hari dimana seluruh peserta akan melakukan presentasi proyek mereka di depan para juri dan mendapat penilaian. Mulai dari pagi seluruh peserta sudah berangkat ke Universitas Singidunum menggunakan bus, dan bersiap untuk melakukan presentasi. Mulai dari pagi hingga sore hari satu per satu peserta bergantian mempresentasikan proyek mereka kepada para juri dan berusaha menjawab setiap pertanyaan yang ditanyakan. Ini adalah momen yang paling menentukan bagaimana seluruh hasil kerja keras selama ini akan dinilai, 10 menit yang bermakna dan sungguh menegangkan bagi setiap peserta! Usai presentasi, kami pun merasa lega. rasanya seperti beban selama ini terlepas sudah! Kini tinggal menunggu hasil dari penilaian.

Hari keempat dan kelima diisi dengan jalan-jalan mengunjungi berbagai objek wisata di Belgrade. Tempat-tempat yang kami kunjungi diantaranya seperti, gereja-gereja Ortodoks yang kuno dan megah, museum perang, monumen-monumen perang, museum Nikola Tesla, benteng, kebung binatang, istana Presiden, tebing dan gunung yang indah, dan tempat-tempat lainnya. Sungguh menyenangkan dapat melihat sejarah dan budaya negeri orang, selain itu juga dapat berteman dengan orang-orang dari belahan dunia yang berbeda.

Esok harinya merupakan hari yang ditunggu-tunggu, yaitu pengumuman hasil dari ICYS. Setelah penantian panjang yang menegangkan, akhirnya hasil pun diumumkan, saya, Jeff Bastian W berhasil memperoleh medali perak, sungguh hasil yang membanggakan! Usai pengumuman, seluruh peserta bersama-sama berangkat ke dermaga untuk naik kapal sambil menikmati makan siang melintasi Sungai Danube. Sore harinya, kami dijemput oleh utusan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan dibawa berkeliling kota Belgrade sambil membeli souvenir. Kemudian malam harinya kami dijamu oleh Duta Besar RI, Bapak Semuel Samson.

Waktu begitu cepat berlalu. Tak terasa telah seminggu kami di Serbia. Kami pun harus berkemas dan berpamitan dengan teman-teman dari seluruh penjuru dunia. Sebelum menuju ke bandara, ternyata kami diajak untuk mengunjungi Gedung KBRI dan berbincang-bincang dengan beberapa staff yang bekerja di KBRI. Akhirnya, kami pun harus segera menuju ke bandara dan pulang ke Indonesia. Sungguh pengalaman hidup yang tak ternilai!

boost the values reap the success