Olimpiade 2016 IMO    

Olimpiade 2016 IMO

Gian Cordana meraih prestasi gemilang mendapatkan medali perunggu pada International Mathematical Olympiad (IMO) yang diselenggarakan di Hong Kong.

Olimpiade 2016 IChO    

Olimpiade 2016 IChO

Siswa SMA Kristen Petra 1 berhasil meraih medali perunggu pada International Chemistry Olympiad di Tbilisi, Georgia.

GTRE - Ho Chi Minh, Vietnam    

GTRE - Ho Chi Minh, Vietnam

Medali Emas oleh Jeff Bastian pada event Green Technology Research Exposition CGTRRXJ 2014

Ecology Scientific Research    

Ecology Scientific Research

Medali Perak oleh Jeff Bastian pada event Ecology Scientific Research Belgrade, Serbia 2014

Standards Olympiad 2014    

Standards Olympiad 2014

Medali Perak diraih oleh tim dari SMA Kristen Petra 1 pada event Standards Olympiad 2014 di Anseong, Republic of Korea

Physics, OSN 2014    

Physics, OSN 2014

Fienny Angelina sebagai Silver Medalist bidang Fisika dan The Best Female pada OSN tahun 2014

Chemistry, OSN 2015    

Chemistry, OSN 2015

Abraham Nathanael sebagai Gold Medalist bidang Kimia pada OSN tahun 2015

Mathematics, OSN 2015    

Mathematics, OSN 2015

William Kho sebagai Silver Medalist bidang Matematika pada OSN tahun 2015

Physics, OSN 2015    

Physics, OSN 2015

Enrico Hariono sebagai Silver Medalist bidang Fisika pada OSN tahun 2015

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.

Lomba Internasional

SMA Kristen Petra 1 berhasil menoreh prestasi terbaik, meraih dua medali perak di diajang lomba Internasional yaitu, Lomba Penelitian Ilmiah “International onference of Young Scientists (ICYS)” di Serbia dan “The 9th Standards Olympad di Korea Selatan.

Lomba Penelitian Ilmiah Bidang Ekologi ICYS

Bermula dari seleksi regional di Bandung dan dilanjutkan dengan seleksi nasional di Jogjakarta, dengan penelitian yang berjudul “Scylla Serrata as Bioplastic” akhirnya berhasil menjadi salah satu wakil Indonesia dalam “International Conference of Young Scientists (ICYS)” yang ke-21 di Belgrade, Serbia pada tanggal17-24 April 2014 . Setelah melalui kerja keras dalam melakukan penelitian yang cukup menyita waktu dan menguras tenaga. Pelatihan dan pembinaan intensif dilakukan oleh Center for Young Scientists (CYS). Kami tim dari Indonesia berangkat ke Belgrade, Serbia pada tanggal 17 April 2014.

Pada tanggal 19 April 2014 seluruh peserta melakukan presentasi proyek mereka di depan para juri dan mendapat penilaian. Mulai dari pagi seluruh peserta sudah berangkat ke Universitas Singidunum menggunakan bus, dan bersiap untuk melakukan presentasi. Mulai dari pagi hingga sore hari satu per satu peserta bergantian mempresentasikan proyek mereka kepada para juri dan berusaha menjawab setiap pertanyaan yang ditanyakan. Ini adalah momen yang paling menentukan bagaimana seluruh hasil kerja keras selama ini akan dinilai, sepuluh menit yang bermakna dan sungguh menegangkan bagi setiap peserta! Usai presentasi, kami pun merasa lega. rasanya seperti beban selama ini terlepas sudah! Kini tinggal menunggu hasil dari penilaian.

Pada tanggal 20 April 2014 merupakan hari yang ditunggu-tunggu, yaitu pengumuman hasil dari ICYS. Setelah penantian panjang yang menegangkan, akhirnya hasil pun diumumkan, Jeff Bastian W berhasil memperoleh medali perak. Bendera Merah Putih dan namaku muncul di layar pada waktu pengumuman peraih medali dalam bidang Ekologi. Saat itulah hasil kerja keras selama hampir 2 tahun terbayar dengan perolehan medali perak. Merupakan suatu kebanggan dapat menjadi duta Indonesia sekaligus mempersembahkan yang terbaik bagi sekolah, bangsa dan negara.

The 9th Standards Olympiad

Semua ini berawal dari tim SMA Kristen Petra 1 (Raymond Christopher Setiawan, Matthew Gunawan, Andree Sulistio Chandra, guru pendamping Charles Felix W.) yang direkomendasikan oleh UBAYA kepada BSN (Badan Standar Nasional) untuk mengikuti The 9th Standards Olympiad, atau olimpiade standar di Korea Selatan yang diadakan oleh KATS (Korean Agency for Technology and Standards) bekerja sama dengan KSA dan the KoFTES (semuanya adalah badan permerintah Korea Selatan untuk standardisasi). Saat ditunjuk untuk pertama kalinya, tim kami tidak memiliki pengetahuan tentang standar sama sekali. Menurut BSN, hal itu adalah wajar, sebab masih banyak orang Indonesia, khususnya pelajar tidak tahu sama sekali tentang apa itu standar. Hal ini berbeda dengan masyarakat di Korea Selatan, sejak sekolah dasar mereka telah dikenalkan dengan standar. Pada usia SMP dan SMA, cara pendekatan untuk pengenalan standar dibuat berbeda, yakni dalam bentuk kompetisi, hal ini yang menyebabkan Korea Selatan menjadi negara maju karena masyarakatnya telah mengenal standarisasi lebih baik.

Setelah mempersiapkan diri selam tiga minggu melalui pelatihan di Ubaya dan UK Petra, tim berangkat ke Korea Selatan tanggal 9 Agustus 2014 dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng pukul 23:15. Perjalanan ke Incheon,Seoul memakan waktu delapan jam lebih. Kami tiba di Incheon pada tanggal 10 Agustus pukul 08:15 waktu setempat. Sungguh perjalanan yang sangat melelahkan. Pada tanggal 11 Agustus kami mempersiapkan diri untuk lomba. Hal yang harus kami persiapkan ialah membuat alat untuk mengontrol debit air keluar dari kran air dan membuat portofolio. Kami diberikan alat-alat dan bahan sehari-hari, misalnya foam board, gelas plastic, selang air, tusuk sate, dan sumpit. Selanjutnya, kami harus menuliskan dasar teori dan pengetahuan standar kami, juga cara kami menguji bahan tersebut dalam portofolio. Hal ini dimaksudkan agar setiap langkah yang kami ambil berdasar.

Kesulitan yang kami alami selama lomba adalah faktor komunikasi bahasa. Orang Korea sukar berbahasa Inggris. Oleh karena itu, kami harus berebut penerjemah dengan peserta dari negara-negara lain. Pada tanggal 12 Agustus 2014, kami harus mempresentasikan hasil karya yang kami buat, selama enam menit dalam bahasa Inggris yang oleh penerjemah diterjemahkan ke dalam bahasa Korea. Setelah semua peserta mempresentasikan karyanya, tiba saatnya untuk mendengarkan pengumuman. Saat pengumuman kelompok kami berhasil meraih medali perak, saat itu kami sadar bahwa kami telah berjuang dan memberikan yang terbaik untuk Indonesia dan SMA Kristen Petra 1. Sesaat kemudian, seluruh peserta bersorak menyaksikan bendera Indonesia dibawa ke atas podium. Sungguh merupakan suatu kehormatan.

Medali Perak The 9th Standards Olympiad Korea Selatan.jpgLomba Penelitian Ilmiah Ekologi ICYS - Jewff Bastian W.jpgLomba Penelitian Ilmiah Ekologi ICYS di Belgrade Serbia - Jeff Bastian.jpgThe 9th Standards Olympiad Korea Selatan - Andre, Raymond, Matthew.jpg

boost the values reap the success