Olimpiade 2016 IMO    

Olimpiade 2016 IMO

Gian Cordana meraih prestasi gemilang mendapatkan medali perunggu pada International Mathematical Olympiad (IMO) yang diselenggarakan di Hong Kong.

Olimpiade 2016 IChO    

Olimpiade 2016 IChO

Siswa SMA Kristen Petra 1 berhasil meraih medali perunggu pada International Chemistry Olympiad di Tbilisi, Georgia.

GTRE - Ho Chi Minh, Vietnam    

GTRE - Ho Chi Minh, Vietnam

Medali Emas oleh Jeff Bastian pada event Green Technology Research Exposition CGTRRXJ 2014

Ecology Scientific Research    

Ecology Scientific Research

Medali Perak oleh Jeff Bastian pada event Ecology Scientific Research Belgrade, Serbia 2014

Standards Olympiad 2014    

Standards Olympiad 2014

Medali Perak diraih oleh tim dari SMA Kristen Petra 1 pada event Standards Olympiad 2014 di Anseong, Republic of Korea

Physics, OSN 2014    

Physics, OSN 2014

Fienny Angelina sebagai Silver Medalist bidang Fisika dan The Best Female pada OSN tahun 2014

Chemistry, OSN 2015    

Chemistry, OSN 2015

Abraham Nathanael sebagai Gold Medalist bidang Kimia pada OSN tahun 2015

Mathematics, OSN 2015    

Mathematics, OSN 2015

William Kho sebagai Silver Medalist bidang Matematika pada OSN tahun 2015

Physics, OSN 2015    

Physics, OSN 2015

Enrico Hariono sebagai Silver Medalist bidang Fisika pada OSN tahun 2015

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.

Marketing Apprentice Zone

maze 2014Pars pro toto. Inilah sebuah majas yang patut disematkan kepada Trio A-1 yang mewakili SMA Kristen Petra 1 dan telah mampu berbicara lantang di ajang bergengsi se-Jawa Bali dalam mata lomba yang bertajuk MAZE (Marketing Apprentice Zone) 2014.

Trio A-1 ini merupakan perpaduan sempurna tiga tingkat yaitu kelas X, XI, dan XII yakni : Albert Timotius (X-3), Stanley Aldrich (XI IPA-3), dan Felicia Jiwantono (XII IPA-3). Ketiganya telah unjuk kebolehan dalam tahapan lomba tersebut baik dari babak penyisihan (Quick Question dan Split and Rally Games) maupun babak final (Pembuatan Cafe dan Slide). Ketiga duta SMA Kristen Petra 1 ini mampu menyisihkan 74 peserta lain yang berasal dari SMA se-Pulau Jawa dan Bali.

Kegiatan yang berlangsung 20-22 Maret 2014 dan diselenggarakan oleh Universitasa Kristen Petra ini, telah mampu mengukir sejarah bidang adu cerdas bagi SMA Kristen Petra 1 karena dari dua kategori kejuaraan telah menjadi milik sekolah yang bertagline A1, the Smart One ini. Kedua kategori kejuaraan tersebut adalah Juara 1 Kompetisi MAZE dan berpredikat Juara Terfavorit. Viva A-1 !

 

Chemical Engineering Games

chemical games2013Event tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Surabaya ini diikuti oleh enam puluh tim yang berasal dari berbagai SMA di Jawa-Bali. Dalam lomba yang dilaksanakan pada tanggal 1 September 2013 ini, tim kami yang terdiri atas Felicia Jiwantono, Kevin Limanto, dan Ryan Setiawan, turut berkompetisi untuk mewakili SMA Kristen Petra 1.

Pada babak penyisihan, dilaksanakan rally games dan rally soal dengan materi bidang kimia, fisika, matematika, dan biologi. Puji Tuhan, kelompok kami berhasil melewati dengan baik. Pada babak ke dua, semua tim dihadapkan pada soal-soal praktikum kimia, dan membuat rancangan pabrik bioetanol dengan menggunakan program microsoft visio. Dari babak kedua ini, diambil lima belas kelompok dengan nilai tertinggi untuk masuk ke babak final. Persaingan pada babak final semakin ketat, kami diwajibkan untuk menjual bioetanol. Awalnya kami harus membeli lahan untuk berjualan, membeli bahan baku, dan membayar biaya produksi bioetanol, kemudian dikemas dan dijual. Saat proses penjualan, semua kelompok mempromosikan bioetanolnya agar konsumen (para dosen dan panitia) tertarik untuk membelinya.

Read more: SMA Kristen Petra 1 - Chemical Engineering Games

Persuasive Presentation Contest

persuasive2013PPC adalah lomba presentasi dalam bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh English for Business Communication (EBC) Program dari English Department, Universitas Kristen Petra, pada tanggal 24 Agustus 2013. Pada kesempatan ini, saya, Yohan Tanoko, mewakili SMA Kristen Petra 1 untuk ikut berkompetisi dan tergabung dalam 48 peserta dari SMA/SMK se-Jawa-Bali.

Sesi pertama lomba ini, qualifying round, melakukan presentasi dengan pilihan topik "my senior high school is the best school in the city/province" atau "the joy of being a student of your school" dalam waktu maksimal dua belas menit. Kriteria penilaiannya adalah language, organization, argument, dan performance. Saya memilih topik kedua, dan puji Tuhan... saya berhasil melakukan presentasi dengan baik. Nama saya pun masuk dalam daftar dua belas finalis pilihan dewan juri, yang nantinya bertanding pada babak final. Tantangan yang harus dihadapi pada babak final adalah kontestan boleh mengulang presentasi yang sama persis pada qualifying round atau memilih topik yang berbeda. Jika memilih opsi yang pertama, itu berarti saya harus bekerja ekstra keras untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada presentasi saya, atau harus mengambil risiko dengan membuat presentasi yang baru dan fresh hanya dalam waktu satu hari tanpa adanya kritik yang membangun dari juri saat qualifying round. Then I chose to think smartly and decide wisely. Saya memilih untuk memperbaiki presentasi saya.

Read more: SMA Kristen Petra 1 - Persuasive Presentation Contest

Juara 1 Lomba Biotechnology Application Games Se-Jawa Bali

biotech 2014SMA Kristen Petra 1 berhasil mengukir prestasi terbaiknya sebagai juara 1 lomba Biotechnology Application Games (BAG) se Jawa Bali yang diselenggarakan oleh Universitas Surabaya pada tanggal 12-13 Pebruari 2014 atas nama, Natasha Amanda, Cynthia Agni, dan Felicia Jiwantono.

Lomba Biotechnology Application Games (BAG) ini diikuti oleh 70 tim yang berasal dari berbagai SMA di Jawa – Bali. Lomba terdiri dari tiga sesi. Sesi pertama yaitu babak penyisihan, berlangsung pada tanggal 12 Februari 2014, seluruh tim diwajibkan untuk mengerjakan 100 butir soal yang terdiri dari 40 soal bioteknologi, 30 soal biologi, dan 30 soal kimia. Soal-soal pada babak penyisihan ini cukup sulit, tetapi dengan kerja keras, tim kami dapat menyelesaikannya dengan baik dan masuk dalam semifinal.

Pada sesi kedua yaitu, semifinal diambil 30 tim dengan nilai terbaik, masing-masing tim harus berjuang keras dalam rally agar dapat masuk kebabak final. Rally games terdiri dari 3 kategori pos, yaitu, pos teori, pos games, dan pos praktikum. Persyaratan utama untuk tim yang dinyatakan lolos ke babak final bukanlah nilai tertinggi yang diperoleh, tetapi setiap tim harus masuk pada 3 pos teori, 2 pos games, dan 2 pos praktikum dengan waktu yang ditentukan. Dengan kerja keras dan kekompakan tim, akhirnya kami berhasil menyelesaikan 7 pos tersebut tepat waktu dan tim kami dinyatakan lolos ke final.

Sesi ketiga yaitu babak final, terpilih 6 tim yang dinyatakan memiliki nilai terbaik. Babak final dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2014. Materi yang dilombakan dalam babak final terdiri dari tiga bagian yaitu, praktikum, mini rally (pendalaman materi), presentasi dan tanya - jawab. Dalam babak final ini persaingan semakin ketat, tiap tim berjuang dengan maksimal dalam menyelesaikan semua tantangan dan kesulitan untuk meraih nilai terbaik. Ketegangan saat sesi presentasi dan tanya jawab dirasakan oleh masing-masing tim karena tingkat kesulitan pada sesi tersebut semakin tinggi.

Akhir acara pada pengumuman pemenang, kelompok kami Natasha Amanda, Cynthia Agni, dan Felicia Jiwantono dinyatakan sebagai juara pertama , kami mengucap syukur kepada Tuhan atas segala berkat-Nya kami berhasil memperoleh yang terbaik dalam lomba tersebut, segala jerih lelah dan perjuangan kami tidak sia-sia. Thanks God.

Ultimate English Rally

uerSiswa-siswi SMA Kristen Petra 1 kembali mengukir prestasi dengan meraih gelar Juara I dalam The Ultimate English Rally yang dilaksanakan oleh Universitas Surabaya pada tanggal 31 Juli 2013. Merupakan sebuah tantangan bagi kami (William Tjandra kelas XII IPA-1, Robert William kelas XII IPA-5, Alexandra Carina kelas XII IPS-3) dalam mengikuti lomba yang menguji kemampuan berbahasa Inggris ini. Lomba ini diikuti oleh sekitar empat puluh tim dari berbagai sekolah di Jawa Timur dengan materi lomba meliputi vocabulary, listening, speaking, spelling, translating dan general knowledge.

Dengan berbagai macam game yang mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi dan harus diselesaikan seluruhnya oleh tiap-tiap tim, membuat lomba ini berjalan sangat seru dan kompetitif. Game pertama dari rally tersebut adalah mengisi crossword puzzle. Kami mendapat tantangan yang cukup besar dalam menyelesaikannya,  namun dengan kepercayaan diri yang tinggi dan kekompakan tim, akhirnya kami mampu menyelesaikannya dengan baik. Setelah itu, kami naik ke lantai enam untuk mengikuti spelling bee. Dengan cepat, kami selesaikan sesi tersebut dan segera mengambil clue untuk mengetahui letak tantangan berikutnya. Dalam waktu sekitar lima jam, kami berhasil menyelesaikan semua game.

Read more: SMA Kristen Petra 1 - Ultimate English Rally

boost the values reap the success